Sabtu, 24 Januari 2015

Penelitian: Lemak Bisa Menjadi Senjata Melawan Diabetes

Info Online - Selama ini lemak dituding sebagai zat makanan yang mampu sebabkan diabetes. Dan jika berbicara tentang diabetes maka akan berujung dengan munculnya bermacam penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, hingga kanker. Namun siapa sangka bahwa lemak ternyata bisa melindungi tubuh Anda dari resiko diabetes?

Lemak Bisa Menjadi Senjata Melawan Diabetes
Ilustrasi

Dilansir dari healthmeup.com, jenis lemak dalam tubuh yang disebut dengan lemak cokelat atau lemak sehat mampu menghindarkan Anda dari obesitas, menjaga sirkulasi gula darah, dan diabetes. "Orang dewasa memiliki lemak cokelat yang sehat dan biasanya ditemukan di bagian depan dan belakang leher serta punggung atas. Penelitian kami menemukan bahwa mereka yang memiliki kandungan lemak cokelat tinggi memiliki kontrol gula darah yang lebih baik, sensitivitas insulin yang lebih tinggi, serta metabolisme yang lebih baik untuk membakar lemak jahat dalam tubuh. Faktor tersebut bisa menjadi senjata potensial dalam melawan diabetes," terang pemimpin penelitian ini Professor Labros Sidossis dari University of Texas Medical Branch at Galveston, Amerika Serikat. "Penelitian kami juga menunjukkan ketika jaringan lemak cokelat terpapar oleh udara yang dingin maka akan terjadi peningkatan pengeluaran energi dan pembakaran kalori untuk menghangatkan tubuh."

Lemak cokelat sendiri berasal dari lipid dan sejumlah besar zat besi yang mengandung mitokondria. Zat besi bersama dengan pembuluh darah kecil membuat tampilan lemak ini berwarna cokelat. (Merdeka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar