Bahaya Ruangan AC Untuk Kesehatan


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Sekarang, sepertinya hampir semua orang bergantung pada pendingin ruangan (air conditioner/AC) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Lihat saja, gedung perkantoran, rumah sakit, mal, sekolah, bahkan rumah Anda pun sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Bahaya Ruangan AC Untuk Kesehatan
Ilustrasi

AC tentu saja sangat berguna bagi mengingat cuaca yang kian hari kian semakin panas. Namun, meskipun membantu terhindar dari suhu panas, rupanya AC juga memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan.

Berikut lima masalah kesehatan yang bisa muncul akibat paparan AC:

1. Sakit kepala dan kelelahan
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja di lingkungan ber-AC mungkin mengalami sakit kepala kronis dan kelelahan. Mereka yang bekerja di gedung yang terus dipompa penuh dengan udara dingin juga bisa mengalami iritasi selaput lendir dan sesak napas. Hal itu membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu, dan penyakit lainnya.

2. Kulit kering
Berjam-jam berada di ruangan ber-AC dapat membuat kulit Anda kering lantaran kehilangan kelembapannya. Untuk itu, Anda perlu menggunakan lotion atau pelembap kulit untuk menghindari kekeringan pada kulit.

3. Memperparah penyakit
AC diketahui dapat meningkatkan beberapa penyakit yang sudah diderita. AC terkenal meningkatkan gejala tekanan darah rendah, arthritis, dan neuritis.

4. Sulit bertahan di suhu panas
Orang yang lebih sering berada di ruangan ber-AC akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan panas. Intoleransi pada panas dapat mengakibatkan kematian lantaran tidak bisa menyeimbangkan tubuh dari suku dingin ke suhu panas.

5. Masalah pernapasan
AC mobil mengandung banyak kuman dan mikroorganisme yang dapat menimbulkan masalah pernapasan. AC juga mengandung ligionairre, suatu penyakit menular yang dibawa udara. Penyakit ini dapat menimbulkan demam tinggi dan radang paru-paru. (Ningtriasih / Globalnews)
PRI. (Metrotvnews.com)

0 Response to "Bahaya Ruangan AC Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×