Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Menstruasi merupakan siklus alami yang dialami setiap perempuan. Terkadang, mestruasi atau haid bisa disertai dengan nyeri dan sakit yang biasa disebut dengan kram menstruasi.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid
Ilustrasi

Kram menstruasi bisa terjadi akibat makanan yang kurang sehat. Itulah sebabnya perempuan perlu mengatur pola makan, sebab diet sederhana dipercaya mampu mengurangi rasa sakit ketika datang bulan.

Namun, sebelum diet untuk mengurangi rasa sakit ketika haid, Anda harus mencari tahu penyebabnya. "Menstruasi adalah penumpahan bulanan lapisan dalam disebut endometrium rahim. Lapisan ini tumpah bersama darah dan rasa sakit akibat kontraksi rahim untuk memungkinkan lewatnya darah. Uterine kontraksi bersama dengan bahan kimia yang disebut prostaglandin, inilah yang membuat rasa sakit," ucap Dr Amrapali Patil, seorang ahli ayurveda dan ahli gizi.

Penelitian yang dilakukan pada 1960 menemukan prostaglandin untuk menjadi bagian sentral dari masalah. Terbuat dari jejak lemak yang tersimpan dalam membran sel yang memicu peradangan dan terlibat dalam kontraksi otot, penyempitan pembuluh darah, pembekuan darah, dan rasa sakit.

"Sangat penting untuk makan makanan yang tinggi vitamin B6 (pyridoxine), magnesium dan asam lemak omega 3 karena mereka memiliki sifat antiinflamasi yang bertindak sebagai prostaglandin memblokir agen," kata Janvi Chitalia, ahli gizi kebugaran.

Menstruasi juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon seperti estrogen. Ketidakseimbangan itu juga dapat disebabkan kebiasaan makan yang salah, gaya hidup yang tidak menentu dan aktivitas fisik. "Penelitian membuktikan diet kaya serat yang rendah lemak dapat memengaruhi kadar estrogen positif," jelas Dr Patil.

"Bayam dan gandum yang tinggi serat dan membantu rendam kadar estrogen dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi," tambah Chitalia.

Namun, diet dengan makanan kaya serat saja tidak cukup. Tubuh juga memerlukan nutrisi yang dapat menenangkan tubuh dari rasa nyeri haid. Sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, teh hijau, teh chamomile, kacang-kacangan, biji-bijian sangat bermanfaat.

"Komposisi darah kita tergantung pada makanan yang kita makan. Makanan yang baik membuat darah yang baik. Jika kita makan makanan tertentu seperti produk hewani, susu, gula halus, tepung putih, bahan kimia tambahan maka darah kita menjadi berat (pH asam), penuh lendir yang menyebabkan sakit," jelas Shonali Sabherwal, ahli gizi makrobiotik. Sabherwal juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan vegetarian dua minggu sebelum haid.

Cemilan sehat sangat penting untuk wanita yang sedang menstruasi. Biji-bijian seperti biji bunga matahari kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meredakan rasa nyeri.

Bunga matahari yang tinggi vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk meredakan nyeri haid.  Biji rami dan kenari juga dianjurkan karena tinggi akan omega 3 yang membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit.

Kemudian, ketika haid artinya tubuh Anda mengeluarkan banyak cairan yang menyebabkan dehidrasi. Makan makanan yang tinggi akan vitami B6 seperti peterseli, seledri, dan jahe. Ini akan membantu Anda menghilangkan kegelisahan yang disebabkan oleh retensi air.  Hindari alkohol dan kopi, sebab ini dapat mengeringkan tubuh. Tiga liter air perhari juga akan megurangi kram saat haid. (Metrotvnews.com)

0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×