Makanan dan Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Gigi


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Jika makanan manis menjadi musuh paling jahat untuk kesehatan gigi dan mulut, ternyata ada juga beberapa makanan yang bermanfaat dan bisa jadi ‘sahabat’ gigi.

Makanan dan Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Gigi
Ilustrasi


Dijelaskan Prof Melanie Sadono Djamil selaku Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), berikut beberapa makanan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut:

1. Teh hijau
Teh hijau mengandung senyawa polifenol antioksidan yang dapat mengurangi plak dan lubang gigi serta penyakit gusi. Teh hijau juga dapat mengurangi napas tidak segar dan memperkuat enamel gigi karena mengandung fluorida yang tinggi.

2. Susu
Susu dan makanan yang mengandung susu (dairy foods) bermanfaat bagi kesehatan rongga mulut karena memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga mengurangi kerusakan gigi. Selain itu, produk susu juga mengandung kalsium tinggi, yang merupakan komponen utama gigi.

Produk lain, misalnya keju mengandung kalsium dan fosfat yang membantu menyeimbangkan pH di dalam mulut. Keju juga dapat menjaga dan membangun kembali enamel gigi, memproduksi saliva, dan membunuh bakteri yang menyebabkan lubang gigi dan penyakit gigi lainnya.

3. Buah dan sayuran
Buah-buahan seperti apel, stroberi, dan kiwi mengandung vitamin C yang berfungsi mengikat sel. Jika asupan vitamin ini tidak terpenuhi, sel-sel gusi dapat rusak dan menyebabkan gusi lemah dan rentan penyakit.

Sedangkan, sayur-sayuran yang mengandung vitamin A seperti labu, wortel, kentang, dan brokoli dibutuhkan untuk formasi enamel gigi. Sayur seledri dapat memproduksi saliva yang menetralisasi asam penyebab demineralisasi dan lubang gigi.

Selain sayur, biji wijen juga dapat mengurangi plak pada gigi dan membantu membangun enamel gigi. Wijen juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

4. Makanan hewani
Makanan yang berasal dari hewan seperti daging sapi, daging ayam, daging kalkun, dan telur mengandung fosforus yang bersama-sama dengan kalsium merupakan dua jenis mineral paling penting untuk kekuatan gigi dan tulang.

5. Air putih
Air putih dapat membersihkan mulut dan memproduksi saliva yang menyimpan mineral penting bagi gigi. Air dapat menjaga gusi agar tidak kering, pun membersihkan partikel-partikel yang menempel di sela-sela gigi. (cnnindonesia.com)

0 Response to "Makanan dan Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Gigi"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×