Selasa, 27 Januari 2015

Menu Sarapan Untuk Menghindari Berbagai Macam Penyakit

Info Online - Tahukan Anda jika sarapan merupakan ‘amunisi’ awal untuk memulai hari, serta mampu mencegah kenaikan berat badan yang signifikan dan meningkatkan produktivitas kinerja pada siang harinya. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menu semangkuk bubur di pagi hari mampu menjadi resep panjang umur dan hidup sehat.

Menu Sarapan Untuk Menghindari Berbagai Macam Penyakit
Ilustrasi

Seperti dilansir dari Daily Mail, sebuah studi yang dilakukan kepada lebih dari 100 ribu orang dalam kurun waktu 14 tahun bahwa menu sarapan dengan semangkuk bubur yang berisi oatmeal atau gandum utuh mampu mengurangi kematian akibat serangan jantung. Sarapan 28 gram bubur gandum diyakini bisa mengurangi risiko kematian dini hingga lima persen setiap mangkuknya.

Kepastian ini didapat setelah para ilmuwan meneliti pola makan 74.900 responden wanita dan 43.000 orang pria, serta manfaat positifnya terhadap kesehatan jangka panjang. Hingga sebuah hasil didapat bahwa mengongsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh akan mengurangi resiko meninggal akibat penyakit jantung.

Meski telah mendapatkan hasil yang begitu memuaskan, untuk lebih memberikan hasil akhir yang memuaskan para ilmuwan tadi menambahkan faktor-faktor lain seperti usia, kebiasaan merokok dan berat badan yang mungkin bisa mempengaruhi usia seseorang.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang rajin makan gandum utuh cenderung lebih kecil risikonya untuk meninggal karena hal-hal tersebut ketimbang responden yang tidak makan bubur gandum. Selain itu, sarapan bubur gandum utuh juga mengurangi risiko kematian akibat gangguan pembuluh darah hingga sembilan persen.

Lalu mengapa jawabannya gandum utuh dan harus berupa bubur? Ternyata gandum utuh adalah bijirin sereal yang masih aslinya bentuknya ketika dipanen. Kulitnya tidak dihilangkan atau dikupas, dan mengandung benih atau embrio unggulan yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh Anda.

Untuk menyamarkan bentuk dan rasanya, saat ini gandum utuh telah berubah bentuk menjadi roti, beras merah, pasta dan sereal sarapan seperti bubuk oat. Dalam bentuk bubur, gandum utuh lebih mudah dicerna karena saat pagi hari, sistem pencernaan tubuh sebaiknya tidak diberikan asupan makanan yang terlalu padat atau keras. Sebab masih dalam pemulihan setelah semalaman 'bekerja keras' mencerna makanan dan menyingkirkan racun-racun.

Meskipun mudah dicerna, bubur gandum cukup mengenyangkan dan menjaga agar perut tak langsung lapar lagi hingga makan siang. Selain itu, saat di dalam tubuh, gandum utuh bereaksi seperti spons yang menyerap kelebihan minyak, kolesterol serta lemak dan kemudian mengeluarkannya lewat buang air besar. (Sooperboy.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar