Pengertian Dasar Mengenai RAM


Baca Artikel Lainnya


RAM merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan instruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor.

Penyimpanan RAM bersifat sementara, ini artinya setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dinyalakan dan dipergunakan.
RAM sendiri singkatan dari Random Access Memory. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada letak datanya. Hal ini yang membuat RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.

RAM sendiri sering disebut sebagai memori utama atau main memory,  memori primer atau primary memory atau memori internal, atau hanya disebut memori, meskipun ada beberapa jenis memori yang terpasang pada komputer tersebut.

RAM adalah berfungsi sebagai pendukung prosesor dalam pengolahan data dan instruksi dimana ia menyimpan data yang akan dan sudah diolah oleh prosesor.

Tanpa RAM, sebuah komputer tidak dapat bekerja karena tidak ada yang menampung input dan output prosesor. RAM dan prosesor harus seiring sejalan. Prosesor yang cepat membutuhkan RAM yang besar untuk bisa bekerja lebih optimal.

Prosesor yang lambat diberi RAM besar akan menjadi percuma,meskipun memang ada peningkatan kinerja, namun tidak signifikan.


Untuk itulah ada batasan ukuran RAM yang dapat digunakan oleh prosesor. Modul kapasitas RAM dinyatakan dengan satuan Byte, seperti 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB dan seterusnya.

0 Response to "Pengertian Dasar Mengenai RAM"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×