Pentingnya Kebersihan Rongga Mulut


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Kebersihan tubuh tercermin dari kebersihan rongga mulut. Sebab rongga mulut merupakan gerbang pertama masuknya segala jenis makanan, bakteri maupun virus ke dalam tubuh.


"Pembentukan sekumpulan bakteri pada lapisan tipis (biofilm) tanpa diikuti kebiasaan sehat dapat menimbulkan kelainan rongga mulut. Bahkan lebih dalam dapat mengenai organ vital jantung, hati, ginjal maupun paru," ujar Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Melanie Sadono Djamil di Senayan, Jakarta, Kamis (29/1).

Sistem pertahanan tubuh diciptakan di dalam rongga mulut melalui saliva (air liur). Maka untuk menjaga sistem pertahanan tubuh harus didukung dengan kebiasaan oral hygiene yakni kebersihan rongga mulut yang baik dan benar.

Salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan mouthwash. Meski demikian, waktu penggunaan sikat gigi dan mouthwash harus diperhatikan.

"Perhatikan waktu berkumur setelah rongga mulut bersih. Tidak boleh terlalu sering. Sikat gigi pun tidak boleh langsung setelah makan. Tapi setelah 10-15 menit. Kasih kesempatan saliva mencerna makanan tersebut. Enzim diberi kesempatan untuk menyerapbakteri yang baik dan membuang bakteri yang tidak baik," ujar Melanie.

Menurutnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia tentang kesehatan mulut masih rendah. Maka dari itu derajat kesehatan masyarakat harus ditingkatkan. Salah satunya lewat cara edukasi.

"Upaya harus kami bangun terus menerus agar pemahaman masyarakat akan kesehatan gigi meningkat.Banyak orang datang ke dokter untuk kesehatan umum. Tapi jarang untuk kesehatan rongga mulut. Padahal kesehatan rongga mulut itu mempengaruhi kesehatan umum," ujar Melanie. (Beritasatu.com)

0 Response to "Pentingnya Kebersihan Rongga Mulut"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×