Minggu, 01 Maret 2015

Coklat Termahal di Dunia

Info Online - Suka makan cokelat? Jika ya, apakah Anda rela merogoh kocek USD 260 (sekitar Rp 3,3 juta) per ons untuk cokelat ini? Cokelat yang disebut paling mahal di dunia ini bernama To'ak. Menurut produsen To'ak, 95 persen dari cokelat dunia terbuat dari kacang yang diproduksi secara massal, sedangkan mereka menggunakan biji kakao yang dipanen dari pesisir Ekuador.

Coklat Termahal di Dunia

Biji tersebut kemudian difermentasi dan diubah menjadi cokelat cair, yang kemudian dicetak menjadi batangan dengan tangan. "Ini adalah dark chocolate murni yang paling mahal di dunia, tanpa tambahan barang-barang mewah seperti daun emas atau berlian di dalamnya untuk meningkatkan nilainya," kata pendiri To'ak, Carl Schweizer.

Cokelat batangan To'ak yang dijual seharga Rp 3,3 juta itu disajikan dalam kotak bernomor yang terbuat dari kayu elm Spanyol. Elm merupakan kayu yang sama yang digunakan untuk fermentasi biji kakao. Selain berisi cokelat, kotak tersebut juga berisi sepasang penjepit kayu khusus yang digunakan untuk mengambil cokelat, sehingga minyak dari jari kita tidak akan mengubah rasa cokelat.

Mengingat produksi cokelat ini sangat kecil, hanya ada 574 batang cokelat yang tersedia untuk pembelian tahun lalu. "To'ak memiliki rasa yang tajam dan sangat intens," tulis Irene Virbila, seorang reporter dari LA Times. "Ketika meleleh, Anda akan menemukan rasa cendana, karamel, hazelnut, limau, dan banyak lagi."

Menariknya, To'ak sendiri diterjemahkan sebagai bumi dan pohon dalam dialek kuno Ekuador. "Kami sedang berusaha untuk mengingatkan orang-orang bahwa cokelat tidak berasal dari pabrik," kata Toth. "Itu berasal dari tanah." (Merdeka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar