6 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Pepaya adalah salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, baik dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dulu, membuat banyak orang menyukainya.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Karena rasanya tersebut, buah yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko ini lebih disukai orang daripada bagiannya yang lain, misalnya daunnya. Padahal, daun pepaya sangat lah baik bagi kesehatan.

Memang, rasa pahit akan langsung menyerang lidah kita begitu daun pepaya dikonsumsi. Tetapi, di balik rasa pahitnya tersebut, pepaya mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek yang baik bagi tubuh, misalnya vitamin B1, A dan C.

Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya seperti yang dilansir OMTimes, Senin (26/1/2015).

1. Cegah kanker
Para peneliti menemukan bahwa getah putih yang bernama white milky latex pada batang daun dapat dikembangkan sebagai obat antikanker. Sebab, getah tersebut ternyata dapat mencegah dan membunuh sel-sel kanker dengan kandungan acetogeninnya.

2. Perbaiki saluran pencernaan
Mengonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

3. Obat demam berdarah
Daun pepaya sangat baik untuk dikonsumsi mereka yang sedang mengalami penyakit demam berdarah. Cara menggunakannya, campurkan 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran dan gula merah. Rebus semua hingga masak, lalu dinginkan sebelum diminum.

4. Kontrol tekanan darah
Untuk mengontrol tekanan darah, Anda dapat mengonsumsi daun pepaya yang direbus. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Kemudian, biarkan air menguap hingga tinggal sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah. Anda juga dapat menambahkan gula merah atau madu jika terasa sangat pahit.

5. Merawat rambut
Daun pepaya juga dapat memperkuat batang rambut dan menangkal masalah seperti kebotakan, kerontokan dan ketombe. Cara menggunakannya, tumbuk daun pepaya dan balurkan pada kulit kepala hingga merata.

6. Obat anti nyeri haid
Para perempuan, jika Anda sedang haid, cobalah untuk meminum air rebusan daun pepaya. Dengan melakukan ini secara rutin, maka haid Anda tidak akan terlalu sakit. (liputan6.com)


Demikian artikel tentang Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.


0 Response to "6 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×