6 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Menangis, umumnya, merupakan ekspresi kesedihan, sakit, takut, marah, dan beragam hal terkait emosi negatif lainnya. Banyak orang mencoba menahan tangis ketika ada hal-hal tidak menyenangkan menghampiri, terutama lelaki. Meski pada umumnya penyebabnya tidak nyaman, menangis juga punya efek positif.

Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

"Saya mendorong seseorang untuk menangis ketika ada dorongan untuk menangis akibat hal emosional, karena hal ini mampu mendorong keluar energi negatif dan memberi ruang untuk diisi energi positif. Ada sebagian orang yang merasa malu atau tak nyaman untuk menangis untuk meluapkan emosi, terutama di area publik. Padahal, menangis adalah hal yang wajar, tak perlu malu," kata psikoterapis asal Amerika Serikat, Sharon Martin, disitir dari Medical Daily, Rabu (20/5).

Bila Anda sedang atau tipe orang yang selalu menahan air mata, coba baca enam manfaat menangis berikut ini:
1. Menghilangkan racun
Tak hanya "membersihkan" mental, menangis juga membantu membersihkan tubuh. Air mata adalah produk hasil tekanan yang membantu tubuh membuang zat kimia yang meningkatkan hormon stres, kortisol.

Studi yang dilakukan oleh Dr William H Frey II dari Psychiatry Research Laboratories di St Paul-Ramsey Medical Centre, menemukan, ada beberapa zat atau racun dalam tubuh yang keluar lewat napas, air seni, dan keringat, usai seseorang menangis. Di samping itu, ada beberapa zat positif yang diproduksi tubuh usai menangis akibat hal emosional, seperti prolactin, hormon adrenocorticotropic, dan endorfin (yang membantu kurangi rasa sakit).

2. Membunuh bakteri
Air mata mengandung cairan bernama lysozyme -yang juga ditemukan dalam air susu ibu, cairan tubuh, dan air liur- yang mampu membunuh 90-95 persen bakteri dalam waktu 10 menit.

3. Menjaga kesehatan indra penglihatan
Air mata membantu menjaga kesehatan mata dengan memberi lubrikan pada bola mata dan kelopak mata. Ketika membran mata dehidrasi, pandangan bisa buram. Air mata membasahi lapisan terluar bola mata, menjaganya tetap lembap, juga membersihkan mata dari debu dan kotoran. Menangis juga membantu mencegah dehidrasi pada beragam membran mukus lain pada tubuh.

4. Membantu memperbaiki suasana hati
Air mata mampu memperbaiki suasana hati lebih baik dari obat antidepresan mana pun. Studi di tahun 2008 oleh University of South Florida, AS, mengungkap hal tersebut.

Air mata yang terurai deras, secara perlahan namun pasti, akan membantu memperbaiki suasana hati sekitar 90 persen responden penelitian tersebut. Hanya delapan persen responden yang mengaku perasaannya menjadi lebih parah usai menangis. Umumnya orang yang punya masalah kecemasan berlebihan atau gangguan mood yang melaporkan merasa suasana hatinya lebih buruk usai menangis.

5. Mengurangi stres
Tangis deras membantu membuat seseorang merasa lebih lega, bahkan ketika keadaan/hal yang memicunya menangis masih sama. Menangis diketahui sejak lama, membantu mengurangi hormon stres, melepaskan racun dari tubuh, dan mengurangi rasa tertekan.

"Menangis adalah cara aman dan efektif untuk menghadapi stres. Menangis membantu memberi jalan untuk mengeluarkan segala perasaan negatif, stres, serta frustrasi yang terpendam. Ini lebih baik ketimbang memendam perasaan yang bisa berakibat sakit kepala atau tekanan darah tinggi, apalagi dibanding melepaskan emosi negatif dengan memukul tembok," kata Martin.

6. Mendorong komunikasi
Menangis adalah bentuk seseorang mengkomunikasikan hal yang sulit dijelaskan dengan kata-kata, khususnya terkait hubungan. Hal ini sering terjadi ketika salah satu pihak dalam hubungan memiliki reaksi berbeda terhadap sebuah situasi yang tidak jelas. Ketika air mata mulai bercucuran, umumnya komunikasi mulai terjadi. Tangisan umumnya menjadi penekanan mengenai kedalaman rasa sakit yang dipendam pihak yang menangis. (beritasatu.com)


Demikian 6 manfaat menangis untuk kesehatan Jasmani dan Rohani, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.


1 Response to "6 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani"

  1. Menangis memang fenomena alami dan manusiawi. Bagi orang awam seperti saya, dulu semasa kecil, terkadang ada sensasi yang nyaman yang saya rasakan setelah menangis. Namun untuk manfaat yang Anda tuliskan, itu merupakan pengetahuan baru bagi saya. Terima kasih atas infonya. Nambah ilmu lagi sore ini...

    BalasHapus

Close Otomatis Setela di Like

×