Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Penyakit asam urat cukup sering kita dengar, bahkan mungkin salah satu dari kita pernah mengalaminya. Karena banyak yang mengalaminya, obat asam urat, dari mulai yang tradisional hingga yang modern, cukup banyak dicari. Dari sekian banyak pilihan, tahukah Anda jika beberapa minuman segar juga dapat menjadi obat asam urat?

Cara Mengobati Asam Urat

Beberapa minuman segar mengandung zat yang mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, penyakit asam urat adalah suatu kondisi di mana kadar asam urat dalam tubuh berlebihan. Saat asam urat berlebihan, ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian.

Karena itu, ciri yang paling mudah dikenali saat asam urat adalah sendi yang terasa nyeri dan meradang.

Meskipun merupakan penyakit sendi, asam urat berbeda dengan reumatik. Salah satu perbedaan paling utamanya adalah penyakit asam urat biasanya menyerang sendi kaki, sedangkan reumatik pada tangan.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah pada asam urat, sendi yang sakit hanya satu bagian dulu. Sedangkan saat reumatik, seluruh sendi tangan akan sakit.

Penyakit asam urat biasanya menyerang mereka yang telah berusia lanjut. Asam urat biasanya ditandai dengan nyeri sendi, rematik dan sakit pinggang. Asalnya memang tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan, asam urat akan berbahaya bagi tubuh.

Berikut obat herbal yang dapat mengobati asam urat seperti dilansir dari Top 10 Home Remedies, Kamis (9/10/2014):

1. Cuka Sari Apel
Keasaman dari cuka sari apel dapat mengurangi rasa sakit saat asam urat. Cara menggunakannya adalah campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air. Dosis yang dianjurkan adalah 2 sampai 3 kali sehari.

2. Jahe dan Kunyit
Jahe memang banyak sekali kegunaannya, termasuk mengobati asam urat. Cara menggunakannya, campurkan bubuk jahe kering dan bubuk kunyit sebanyak satu sendok teh dengan air hangat. Minum sebanyak dua kali sehari.

3. Baking Soda
Baking soda dapat membantuk menurunkan jumlah asam urat sehingga meredakan rasa sakit. Anda tinggal mencampurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air lalu minum larutan itu 4 kali sehari. Tetapi, jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, dosis yang disarankan tidak boleh lebih dari 3 kali sehari.

4. Lemon Jus
Lemon jus berguna untuk menetralisir kelebihan asam urat dalam aliran darah. Lemon jus juga dapat dicampurkan dengan baking soda. Caranya, campurkan jus lemon dengan satu setengah sendok teh baking soda Tunggu hingga buih soda menghilang lalu segera diminum.

5. Arang Aktif
Arang aktif dapat menyerap asam urat. Cara menggunakannya adalah campurkan setengah cangkir bubuk arang dengan air dalam bak mandi. Rendam bagian tubuh anda yang sakit setidaknya setengah jam, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain ke-5 obat herbal tersebut, cara untuk mengobati asam urat adalah dengan makan banyak buah, seperti pisang, apel dan ceri setiap harinya. (liputan6.com)

Baca artikel sebelumnya Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi

Demikian artikel tentang Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.


0 Response to "Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×