Cara Mengobati Keputihan Secara Alami


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Keputihan sering disebabkan oleh infeksi jamur atau ragi pada vulva atau vagina. Dan setiap orang memiliki jamur Candida dalam jumlah kecil di vagina, saluran pencernaan dan kulit. Pada orang yang sehat, bakteri ini bersifat ramah dan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah terjadinya infeksi.

Cara Mengobati Keputihan

Faktor lain yang menjadi penyebab keputihan adalah penyakit diabetes, kehamilan, penggunaan antihistamin, stres, menggunakan celana yang ketat sehingga menyebabkan kondisi lembab, serta bahan-bahan kimia yang terkandung di sabun atau detergen.
 
Kaum hawa, pasti pernah mengalami keputihan kan? Yah, meskipun sering dianggap hal biasa, keputihan bukan merupakan penyakit, akan tetapi keputihan merupakan tanda-tanda adanya masalah yang sedang dialami miss.V lho!

Keputihan atau Flour Albus adalah keluarnya cairan atau lendir dari vagina yang disebabkan infeksi oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Jika dibiarkan keputihan menyebabkan timbulnya peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa perih saat anda sedang buang air kecil .Tapi, tenang bagi Anda kaum hawa, Anda tidak perlu merasakan stress lagi, kenapa? Karena keputihan bisa Anda hilangkan dengan obat-obatan herbal yang bisa Anda buat sendiri! Tertarik untu mencoba? yuk simak Cara Mengobati Keputihan Secara Alami selengkapnya.

1.    Daun Jambu
Daun jambu biji tak hanya mampu mengobati diare, namun juga membantu mengatasi masalah keputihan Anda. Caranya ambil beberapa lembar daun jambu biji, lalu rebus memakai 1 liter air hingga ½ jam. Kemudian angkat dan biarkan hingga dingin. Gunakan sebagai pembilas area intim beberapa kali sehari.

2.    Ketumbar
Ketumbar ambil kira-kira 10 gr, kemudian rendamlah pada 100 ml air matang hingga semalam. Minum pada pagi harinya, saat perut masih kosong. Lakukan beberapa hari hingga keputihan Anda sembuh.

3.    Lidah buaya
Daging lidah buaya juga bermanfaat banyak untuk kesehatan. Ambil daging tanaman ini, buang kulitnya, rebus, lalu minum air dan makan dagingnya. Lakukan secara teratur hingga masalah Anda usai.

4.    Air beras
Jika sedang mencuci beras, ambil air cuciannya yang kedua atau ketiga. Rebus dan minum saat masih hangat. Tambahkan garam untuk rasa lebih enak.

5.    Biji mangga
Haluskan biji mangga muda, lalu beri sedikit air. Oleskan campuran ini ke bagian luar daerah intim dan diamkan beberapa waktu. Bilas hingga bersih jika sudah selesai.

Seperti dilansir The Body, salah satu cara untuk mencegah keputihan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski demikian, ada banyak cara lain yang mudah dan praktis untuk mencegah keputihan. Caranya:
  1. Hindari penggunaan cairan pembersih vagina. Cairan ini dapat mengubah tingkat keasaman normal vagina sehingga meningkatkan risiko infeksi serta menimbulkan peradangan.
  2. Hindari penggunaan pakaian atau celana yang ketat karena dapat menghalangi aliran udara, sebaiknya gunakan pakaian dari bahan katun.
  3. Bilas vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya kuman dari anus.
  4. Biasakan untuk mengeringkan bagian luar vagina dengan menggunakan tisu atau lap handuk bersih setelah buang air kecil atau besar.
  5. Hindari penggunaan pantyliners beraroma secara terus menerus setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi.
  6. Kurangi konsumsi gula dan alkohol, karena dapat membantu perkembangan dari jamur Candida.
  7. Konsumsi bawang putih, karena diyakini memiliki kandungan anti jamur alami.
  8. Konsumsi susu atau yogurt karena mengandung bakteri acidophilus yang membantu menjaga bakteri tetap seimbang.
Baca artikel sebelumnya Penyebab Sariawan Berkepanjangan

Demikian artikel tentang Cara Mengobati Keputihan Secara Alami, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.



0 Response to "Cara Mengobati Keputihan Secara Alami"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×