Sabtu, 12 Desember 2015

5 Cara Mudah Mengatasi Penyakit Anemia

Info Online - Apakah wajah Anda sering terlihat pucat, tubuh terasa lemas dan kehilangan konsentrasi saat tengah bekerja di kantor? Jika iya, mungkin Anda sedang menderita penyakit anemia. Apa yang dimaksud dengan anemia? Bagaimana cara mengobati anemia? Berikut ulasannya.

Cara Mengobati Anemia
Cara Mengobati Anemia
 Anemia (dalam bahasa Yunani: ἀναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, from ἀν- an-, "tidak ada" + αἷμα haima, "darah" ) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif).

Seorang pasien dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan. Untuk membantu Anda, simak lima cara ampuh berikut untuk mengatasi anemia berikut ini:

Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi
Anemia biasanya diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Oleh karena itu, mulailah untuk memilih menu makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging, kacang, dan sayur-sayuran yang berwarna hijau agar jumlah hemoglobin dalam tubuh Anda tetap stabil.

Pijat
Tak hanya membuat otot Anda menjadi relaks, pijat pun bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kinerja jantung. Yes ladies, cara ini bisa Anda tempuh untuk meredakan gejala anemia yang sedang Anda hadapi.

Mandi Air Dingin
Ya, Cosmo mengakui bahwa mandi air hangat memang terasa nikmat. Tapi jika Anda ingin meredakan gejala anemia yang sedang dihadapi, Cosmo sarankan untuk memilih air dingin untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Batasi Minuman yang Memperlambat Penyerapan Zat Besi
Sebaiknya hindari minuman seperti kopi, teh, juga wine. Ketiga minuman ini memiliki kadar kafein yang akan memberikan pengaruh terhadap keterlambatan kemampuan metabolisme tubuh dalam menyerap zat besi.

Konsumsi Suplemen
Pilih suplemen yang mengandung zat besi dan vitamin lengkap lainnya sebagai penunjang pembentukan sel darah merah Anda. Tapi ingat, jangan bergantung pada suplemen karena kandungan zat dalam suplemen biasanya lebih besar dari yang dibutuhkan tubuh sehingga akan berdampak pada kinerja ginjal Anda. (wikipedia.org/cosmopolitan.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar