Senin, 28 Desember 2015

Cara Mengobati Faringitis atau Radang Tenggorokan

Info Online - Faringitis/pharyngitis atau Radang tenggorokan merupakan gangguan kesehatan yang menyerang bagian batang tenggorok. Faringitis salah satunya ditandai dengan pembengkakan bagian dalam dinding tenggorokan. Lebih dari 60 persen penyebab radang tenggorokan adalah virus. Selebihnya, radang tenggorokan di picu bakteri.
Cara Mengobati Faringitis
Cara Mengobati Faringitis
Radang tenggorokan, disebut juga faringitis, adalah penyakit yang umumnya bisa sembuh sendiri dengan memanfaatkan kekebalan tubuh. Sebaliknya, saat kondisi tubuh lagi drop, pemicu radang tenggorokan dapat datang dan memunculkan gejala.

Penderita radang ini membuat tenggorokan menjadi agak bengkak, muncul bintik-bintik putih, dan kemerahan. Gejala yang menyertai adalah sulit dan terasa sakit saat menela, serak, dan kadang mengalami demam. Demam muncul sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap bibit penyakit yang masuk.

Faringitis bisa disebabkan oleh infeksi dari virus dan bakteri. Termasuk, virus yang membuat seseorang mengalami flu juga bisa memicunya. Seringkali penderita diresepkan obat antibiotik untuk melawan radang tersebut jika penyebabnya bakteri. Namun sebenarnya, dengan cara alami pun radang tenggorokan bisa dibasmi.

Dikutip dari laman Femina, cara berikut bisa diterapkan untuk mendapatkan penyembuhan dari faringitis:
  1. Berkumur dengan air garam hangat. Garam memiliki khasiat untuk mengikat air keluar dari membran sel. Efek yang dihasilkan adalah penurunan pembengkakan. Garam juga memiliki sifat antiseptik alami. Pilih garam laut dibanding garam meja. Gunakan air garam hangat untuk berkumur.
  2. Minum teh hijau. Salah satu manfaat teh hijau yaitu merangsang produksi hormon interferon. Hormon tersebut berguna untuk menghadang virus yang masuk ke tubuh, termasuk virus penyebab radang tenggorokan. Dan, 80 persen faringitis penyebabnya adalah virus. Konsumsi teh hijau 2-3 kali sehari untuk penyembuhan.
  3. Madu. Minuman dari perut lebah ini mampu melawan bakteri Streptokokus yang menyebabkan faringitis. Minum dua sendok teh madu setelah dilarutkan pada secangkir air hangat. Madu secara umum dapat menghambat pertumbuhan bakteri.
  4. Cukup tidur. Istirahat yang tercukupi akan meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika terserang radang tenggorokan, usahakan untuk menyukupi waktu tidur.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Faringitis atau Radang Tenggorokan yang dikutip dari aktualpost.com, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar