Senin, 14 Desember 2015

Cara Mengobati Diare Dengan Mudah

Info Online - Setiap orang dianugerahi Tuhan dengan sistem pencernaan yang baik dengan segala fungsi yang dimilikinya. Dalam sistem pencernaan tersebut terdapat banyak organ – organ penting yang fungsinya untuk mencerna makanan. Proses pencernaan makanan secara kimiawi juga terjadi di lambung. Dengan bantuan enzim – enzim lambung, makanan dicerna menjadi bubur kemudian diteruskan ke usus halus untuk diuraikan oleh enzim – enzim pencernaan lainnya.

Cara Mengobati Diare
Cara Mengobati Diare
Setelah zat – zat gizi diresorpsi oleh villi ke darah, sisa – sisa chymus yang terdiri atas 90% air dan sisa makanan yang sulit dicernakan diteruskan ke usus besar (colon). Kemudian diuraikanlah zat – zat ini oleh bakteri e.coli yang terdapat dalam usus besar. Air yang dihasilkan kembali diresorpsi sehingga isi usus besar lambat laun akan lebih padat dan dikeluarkan dalam bentuk tinja atau feses. Nah, pada Penyakit diare ini, sisa – sisa zat ekskresi yang dikeluarkan dalam bentuk tinja atau feses tidak mengeras, sehingga tinja atau fesesnya dikeluarkan dalam bentuk cairan – cairan yang sedikit menggumpal. Penyakit diare bisa terjadi pada anak ataupun orang tua, akan tetapi lebih banyak terjadi pada anak – anak.

Selama musim hujan, waspada diare mengancam Anda. Ada obat ampuh yang dapat mencegah, sekaligus mengobati masalah gangguan pencernaan itu.

Berikut ini ulasan lima obat diare alami paling ampuh dikonsumsi, yang dikutip Timesofindiasebagai berikut:

 Air lemon
 Lemon sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Meski tergolong buah citrus, lemon juga mampu menyembuhkan Anda yang terserang diare. Cara membuatnya seduh perasan lemon dengan air hangat, tambahkan gula sesuai selera untuk menambah cairan yang hilang akibat diare.
 
Kaldu ayam
Buatlah kaldu ayam alami yang hanya dibumbui bawang putih, jahe, gula dan garam. Semangkuk kaldu ayam segar dapat menghangatkan perut Anda yang mulas. Selain juga, kuah bercitarasa gurih itu dapat menghidrasi tubuh Anda.
 
Jauhi makanan berserat
Jangan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya serat. Karenanya selama Anda diare, jenis produk makanan berserat dapat memperburuk kondisi pencernaan Anda.
 
Kopi
Orang yang susah buang air besar selalu mengandalkan minum kopi. Ya, mengandung zat yang dapat membuang kotoran dalam usus, sehingga membuat Anda terbebas dari diare.
 
Yogurt
Makan yogurt plain di saat perut mulas juga dapat menyembuhkan Anda dari bahaya diare. Karenanya bakteri yang sehat di dalam yogurt dapat memperkuat usus Anda.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Diare Dengan Mudah yang dikutip dari aktualita.co dan pikiran-rakyat.com, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

1 komentar:

  1. Oh ternyata kalau lagi diare malah harus menjauhi dulu makanan yang berserat, informasi yang bermanfaat buat yang belum paham mengaasi diare yang sebenarnya.

    BalasHapus