Cara Mengobati Gusi Berdarah atau Gingivitis


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Gusi memang sering sekali berdarah, penyebab gusi berdarah ini pun ada banyak sekali. Contohnya karena salah menyikat gigi, jika sudah seperti ini maka harus ada cara mengatasi gusi berdarah dengan cepat.
Cara Mengobati Gusi Berdarah
Cara Mengobati Gusi Berdarah
Nah sebelum kita membagikan cara mengatasi gusi berdarah, ada baiknya jika hari ini kita membahas seputar penyebab gusi berdarah ini, sehingga bisa di cegah dengan cepat.
Darah yang keluar pada saat saudara menyikat gigi adalah disebabkan oleh keradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
  1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
  3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
  6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
  7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Untuk mengatasi keadaan yang Anda alami sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Gusi Berdarah atau Gingivitis yang dikutip dari tren.co.id dan klikdokter.com, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

0 Response to "Cara Mengobati Gusi Berdarah atau Gingivitis"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×