Minggu, 13 Desember 2015

Cara Mengobati Kuku Cantengan Secara Alami

Info Online - Kuku yang masuk ke dalam atau yang populer di Indonesia disebut dengan kuku cantengan merupakan salah satu gangguan kuku yang sering muncul. Kondisi ini sangat menyakitkan sebab kuku yang tumbuh ke dalam akan sangatlah nyeri, bengkak, dan tak jarang juga berdarah. Jika tidak diobati maka bisa meninggalkan nanah yang bisa menimbulkan infeksi lebih lanjut.

Cara Mengobati Kuku Cantengan
Cara Mengobati Kuku Cantengan
Berikut adalah perawatan rumahan yang paling sederhana untuk mengobati kuku cantengan seperti dilansir dari healthmeup.com.

Merendam kaki
Merendam kaki dengan ari garam selama 20 menit mampu membantu melembutkan daerah kuku cantengan. Sedangkan merendam kaki di hidrogen peroksida dapat membantu mengurangi rasa sakit dan infeksi.

Cuka apel
Cuka apel juga bisa Anda manfaatkan untuk dimasukkan ke dalam air rendaman kaki. Bahan alami di dalamnya mampu mengurangi nyeri infeksi.

Balsem
Dinginnya balsem diyakini dapat menyembuhkan kuku yang tumbuh ke dalam serta mengurangi nyeri.

Sabun antibakteri
Merendam kaki dalam sabun antibakteri mampu menghilangkan bakteri penyebab nanah di kuku cantengan. Setelah kaki Anda kering, oleskan pula salep antibakteri di atasnya.

Lemon
Lemon juga mampu mengobati kuku yang cantengan. Caranya adalah ikat irisan tipis lemon di kuku cantengan dengan perban dan biarkan semalam. Sifat asam dari lemon membantu dalam menyembuhkan infeksi.

Ada begitu banyak penyebab dari kuku cantengan seperti infeksi, diabetes, pemakaian sepatu hak tinggi, memotong kuku terlalu pendek, serta tidak memotong kuku dalam waktu yang lama. Sehingga jika Anda mengalami cantengan, maka coba cara alami di atas untuk menyembuhkannya.

Jika cantengan Anda tidak membaik juga dalam beberapa hari dan infeksi semakin parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi.

Pembedahan kuku untuk mengangkat kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah juga mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Anda tidak perlu kuatir mengenai pembedahan kuku, karena tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak meluas dan menyebar. Jika kuku Anda diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Kuku Cantengan Secara Alami yang dikutip dari merdeka.com dan klikdokter.com, semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar