Jumat, 25 Desember 2015

Cara Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami

Info Online - Vertigo adalah pusing yang disebabkan karena masalah di wilayah labirin vestibular dari telinga. Saat mengalami vertigo, Anda merasa tidak enak karena semuanya bergerak atau berputar pada kecepatan yang sangat cepat jika Anda sedang duduk atau berbaring. Pasien vertigo mungkin mengalami banyak gejala lain juga dan itu adalah fase yang mengerikan.

Penyakit Vertigo
Penyakit Vertigo
Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita terasa berputar. Penyakit Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak

Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo. Hipotesis lainnya adalah akibat adanya perubahan tekanan pada bagian telinga dalam, infeksi, maupun BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). BPPV timbul ketika partikel kalsium kecil berkumpul di kanal telinga dalam.

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan memejamkan mata, menjaga agar posisi kepala tidak bergerak hingga gejala hilang, atau dengan mengkonsumsi pil antimabuk yang tersedia di pasaran.

Untuk mendapatkan resep obat maupun nama obat spesifik dalam menentukan obat yang sesuai, harus melalui pemeriksaan dokter secara langsung terlebih dahulu. Jika keluhan Anda masih berlanjut atau memberat, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Selain itu juga ada beberapa obat herbal yang dipercaya bisa mengobati penyakit vertigo secara alami tanpa obat kimia. Berikut cara alami untuk mengatasi vertigo seperti yang dilansir boldsky.com :

Biji-bijian. Almond dan semangka biji adalah dua solusi terbaik untuk mengobati vertigo. Anda juga dapat mengkonsumsi biji bunga poppy untuk menemukan obat dari masalah kesehatan ini.

Herbal. Wild indogo dan Butcher's broom adalah dua herbal yang membantu untuk menyembuhkan vertigo. Anda dapat menambahkannya ke teh untuk mempercepat proses penyembuhan.

Jahe. Jahe merupakan salah satu umbi akar terbaik yang memiliki sifat untuk membuat Anda merasa lebih baik. Saat vertigo disertai dengan mual, minumlah teh jahe atau kunyahlah jahe agar vertigo cepat hilang.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami yang dikutip dari klikdokter.com dan jitunews.com, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar