Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Cara mengatasi tekanan darah rendah. Kebanyakan orang menganggap bahwa penyakit kurang darah sama dengan penyakit tekanan darah rendah. Padahal sebenarnya kedua penyakit tersebut berbeda. Penyakit kurang darah adalah dimana kondisi tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin) yang berfungsi sebagai pengantar oksigen dan nutrisi ke seluruh organ-organ di dalam tubuh. Sedangkan tekanan darah rendah adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang di bawah tekanan darah normal (120/80 mmhg). Sehingga menyebabkan rasa pusing, mudah lelah, sesak nafas, jantung berdebar, penglihatan kabur, mual, dan juga dapat menyebabkan demam.

Cara Mengobati Darah Rendah
Cara Mengobati Darah Rendah
Masalah tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena kekurangan gizi, dehidrasi, jumlah darah kurang, terlalu lama tidur, gangguan jantung dan lain sebagainya. Tekanan darah rendah bisa menyebabkan semua aktivitas sehari-hari penderitanya menjadi terganggu. Cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi bahwa seseorang tersebut mengalami tekanan darah rendah yaitu dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter. Adapun beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah adalah sebagai berikut ini.

Monitor tekanan darah
Cek tekanan darah secara rutin yang bisa dilakukan dengan pemeriksaan tensi pada saat tubuh merasakan gejala-gejala kurang tekanan darah rendah.

Tidur yang berkualitas
Bagi seseorang yang menderita tekanan darah rendah maka dianjurkan untuk dapat menjaga jadwal istirahat dengan baik. Tidur dengan kualitas yang baik dapat mengembalikan energi yang hilang, karena penderita tekanan darah rendah sangat membutuhkan tenaga yang ekstra untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Banyak mengonsumsi air mineral
Tubuh yang kekurangan cairan juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Cara mengatasi tekanan darah rendah yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi air putih setiap harinya 8 sampai 10 gelas. Air putih dapat membantu memperlancar peredaran darah.

Mengkonsumsi Kopi
Kopi merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi darah rendah, hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga dapat membantu meningkatkan energi di dalam tubuh.

Mengkonsumsi lemak nabati
Sumber utama untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah adalah lemak nabati. Makanan yang banyak mengandung lemak nabati diataranya adalah kacang-kacangan ataupun makanan yang terbuat dari biji gandum. Lemak nabati ini lebih direkomendasikan, ini karena lemak nabati dapat lebih mudah dicerna serta tidak mengakibatkan resiko kolesterol dibandingkan dengan lemak hewani.

Konsumsi hati ayam
Kandungan protein yang tinggi pada hati ayam dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Tubuh memerlukan protein sebagai pembangun sel termasuk juga sel pembuluh darah.

Rutin berolahraga
Pola hidup sehat akan sangat baik dalam menghindari berbagai serangan penyakit, terutama penyakit tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan dengan melakukan olahraga secara teratur dan rutin dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga mampu mengatasi masalah darah rendah.

Jika beberapa cara mengatasi gangguan tekanan darah rendah di atas tidak bisa membatu, maka disarankan untuk segera mengunjungi dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi adanya masalah kesehatan lain yang lebih parah atau serius sehingga menyebabkan tekanan darah Anda menjadi turun.

Mengkonsumsi Buah Mangga
Salah satu cara alami dalam mengatasi darah rendah yang pertama adalah dengan mengkonsumsi buah mangga, kandungan vitamin c yang ada pada buah ini ternyata bisa membantu anda dalam mengatasi anemia. Selain itu juga, antioksidan dalam buah mangga ini pun bisa berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga anemia dapat teratasi.

Konsumsi Buah Tomat
Selanjutnya adalah buah tomat, buah tomat ini mengandung vitamin A dan C yang manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan juga mata. jika anda rajin mengkonsumsi buah tomat ini, maka penyakit anemia pun bisa disembuhkan dengan cepat.

Konsumsi Daun Katuk
Tips mengatasi darah rendah yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi daun katuk, daun katuk ini bisa anda gunakan sebagai sayur bening sehingga bisa dimakan selama beberapa kali. Daun katuk ini sangat bermanfaat untuk menaikkan darah merah, sehingga anda harus rutin mengkonsumsinya.

Konsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon pun bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah anemia, ikan salmon ini bisa anda manfaatkan dengan cara di rebus, digoreng atau pun dibakar sesuai dengan keinginan. Ikan salmon ini pun memiliki beberapa manfaat seperti melangsingkan tubuh, mengatasi anemia dan yang lainnya.

Konsumsi Kerang
Jika anda menyukai kerang, maka bisa dikonsumsi secara rutin sampai darah anda kembali normal. Kerang merupakan salah satu jenis makanan yang akan membantu anda dalam menormalkan darah, kerang ini pun bisa anda dapatkan dipasar atau bisa langsung membeli pindang dan bisa juga dibuat jadi sambal kerang.

Konsumsi Daging Merah
Daging merah ini bisa beberapa jenis hewan seperti daging sapi, daging babi atau pun daging kambing. Mengkonsumsi daging merah ini sebaiknya 70 gram dalam sehari, dengan begitu penyakit anemia ini akan cepat diatasi.

Mengkonsumsi Alpukat
Alpukat ternyata bisa mengatasi masalah anemia, jika anda tidak suka alpukat maka biasakan untuk mengkonsumsi jus alpukat atau pun dibuat menjadi minuman lain yang anda sukai. Jika dikonsumsi dengan rutin, maka bisa mempercepat sel darah merah anda meningkat.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah yang dikutip dari rancahpost.co.id dan tren.co.id, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga. 

0 Response to "Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×