Cara Mudah Mengobati Penyakit Cacingan


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Pada saat anak terkena penyakit cacingan, biasanya orang tua akan menjadi panik dalam mencari cara menyembuhkan penyakit cacingan. Hal ini sebenarnya wajar – wajar saja, karena perut anak biasanya semakin buncit dan nafsu makannya menjadi berkurang akibat penyakit cacingan tersebut.


Cara Mengobati Cacingan
Cara Mengobati Cacingan

Banyak para orang tua yang menggunakan obat khusus untuk mengobati penyakit cacing, tetapi ada juga yang mengguankan obat alami. Pada kesempatan ini, saya sebagai penulis akan memaparkan bagaimana cara mengatasi penyakit cacingan anak dengan alami dan juga mudah.

Obat yang akan saya jelaskan ini tak lain adalah obat herbal yang bisa didapatkan dimana saja. Nah jika penasaran berikut ini akan saya bagikan infonya.

Pembahasan pertama dan yang utama adalah Cekugan, mungkin sebagian dari kita masih awam mendengar nama tanaman ini. Di daerah, tanaman ini dikenal dengan banyak nama. Di Sunda, ia dikenal dengan nama Dani, wudani, bidani. Di Jawa, ia disebut kecekluk, ceguk, cekluk, dan wedani. Sementara di Madura dan Bugis, ia dikenal dengan nama kunyi-rhabet, rarandengan (kangean) dan tikao.

Ditilik asal muasalnya, cekugan berasal dari Asia Tenggara. Biasanya ia ditemukan di daerah sampai ketinggian 600 m dpl. Di Indonesia sendiri, ia tersebar diseluruh nusantara, tumbuh liar dihutan, ladang, semak belukar, kadang ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan biji dan stek batang.

Menyoal morfologinya, tanaman ini tergolong perdu merambat, panjang 2-8 m. Daunnya tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek dengan helaian daun bulat telur memanjang sampai jorong, panjang daun 5-18,5 cm, sedangkan lebar 2,5-9 cm, ujungnya runcing, pangkal membulat, tepi rata, tulang daun menyirip, warna daun hijau. Bunga tersusun dalam bulir yang keluar dari ujung tangkai, mempunyai lima helai mahkota bunga yang warnanya dapat berubah dari mula-mula putih kemerahan menjadi merah keunguan, baunya harum. Buahnya bersegi lima, berbentuk memanjang dengan ujung dan pangkal menyempit, panjang buah 2-3 cm, rasanya seperti kelapa, bila telah masak buah berwarna coklat dan siap dipanen.

Diyakini, tanaman ini mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah matang mengandung potassium quisqualata, sebagian besar lemak jenuh trigonelline dan puridine. Kulit buah dan daun mengandung potassium quisqualata. Bunga mengandung cyaniding monoglycoside. Sementara daun dan tangkai mengandung tannin, saponin, sulfur, calcium oksalat, lemak, peroksidase, protein.

Tak pelak dengan keragaman kandungan senyawa kimia tersebut tanaman ini pun banyak dimanfaatkan manusia sebagai obat herbal. Bagian yang dimanfaatkan biasanya akar dan daunnya. Sifat kimiawi dan efek farmakologis cekugan antara lain manis, hangat, beracun (toksik), berkhasiat sebagai obat cacing, melancarkan pencernaan, memperkuat limpa, dan masuk meridian limpa dan lambung.

Lalu, bagaimana cara mengolah cekugan sebagai obat herbal? Caranya mudah kok. Untuk mengobati cacingan, Anda cukup memakan biji cekugan mentah 2 jam sebelum makan. Bagi orang dewasa dapat mengonsumsi 10 biji, sedangkan anak-anak umur 4-7 tahun dapat memakan 4 biji. Anak-anak umur 8-9 tahun dapat memakan 6 biji, dan anak-anak usaia 10-12 tahun mengonsumsi 10 biji.

Sementara untuk mengobati sakit kepala, daun cekugan dihaluskan lalu dipakai sebagai tapal pada pelipis. Untuk mengobati penyakit kulit akibat parasit, jamur, buah cekugan secukupnya dihaluskan, tambahkan minyak kelapa lalu dibalurkan pada bagian yang sakit.

Selain cekugan yang sudah kita bahas diatas, Ini Dia 4 Obat Untuk Mengatasi Penyakit Cacingan yang bisa kita manfaatkan juga:

Menggunakan Daun Pepaya

Salah satu cara menyembuhkan peyakit cacungan anak ini adalah dengan memanfaatkan daun pepaya, untuk menggunakan cara ini maka ambillah dua lembar daun pepaya kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Rebuslah daun pepaya ini dengan menggunakan 500 cc air, setelah ia mendidih maka tunggu sampai menyisakan setengah cc air saja atau 250 cc. Minumlah air rebusan pepaya ini secara rutin, sampai cacingan ini sembuh.

Memanfaatkan Biji Pepaya

Selain daun pepaya, ternyata biji pepaya juga bisa menyembuhkan masalah cacingan, untuk memanfaatkan biji pepaya ini maka silahkan ambil biji pepaya secukupnya, bersihkan dan jangan lupa untuk dijemur selama sampai kering. Setelah itu, tumbuklah biji pepaya ini sampai halus, atau sampai menjadi bubuk.


Jika sudah selesai, berikutnya adalah dengan menyeduh biji pepaya ini menggunakan setengah gelas air minum, nah agar lebih mempunyai rasa maka anda bisa menambahkan madu murni. Aduklah secara merata dan minum dua kali dalam sehari agar cacingan ini cepat teratasi.

Menggunakan Buah Kelapa

Penyakit cacingan anak ini juga ternyata bisa disembuhkan dengan buah kelapa, caranya adaalah mengambil seperempat buah kelapa kemudian kupas dan cucilah sampai bersih. Setelah itu, parutlah buah kelapa tadi sampai halus, jika sudah selesai silahkan tambahkan segelas air minum.

Berikutnya adalah peras kelapa tadi dan ambil santan nya saja, minum air kelapa ini sebelum anak tidur setiap hari berturut – turut. Cara ini dipercaya bisa mengatasi masalah cacingan secara alami, nah jika dirumah ada buah kelapa maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan.

Tanya Dokter

Jika semua cara tidak bisa menyembuhkan cacingan, maka cara terakhir adalah dengan bertanya pada dokter. Biasanya dokter akan menjelaskan hal – hal apa saja yang membuat anak cacingan dan bagaimana solusi dari penyakit cacingan ini.


Itulah tadi beberapa cara mengatasi penyakit cacingan anak ini, semoga bisa berguna bagi para orang tua dalam menyembuhkan penyakit seperti cacingan.

Demikian Info Online tentang  Cara Mudah Mengobati Penyakit Cacingan yang dikutip dari tren.co.id dan jitunews.com, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda.

0 Response to "Cara Mudah Mengobati Penyakit Cacingan"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×