Kamis, 17 Desember 2015

Cari Pinjaman Uang Semakin Mudah semudah membalikan telapak tangan

Info Online - Siapa yang saat ini tidak tahu KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman tanpa agunan yang diberikan tanpa harus memberikan jaminan dan memiliki bunga tetap. Dananya cepat cair dan persyaratannya pun mudah. Tidak heran jika cari pinjaman uang sekarang tidak menjadi hal yang memusingkan lagi. Namun, KTA seperti apakah yang aman Anda gunakan?

Pinjaman Tanpa Anggunan
Pinjaman Tanpa Anggunan
Promosi KTA saat ini seperti promosi online shop, setiap hari di internet baik melalui blog atau pun account media social pasti ada.  Bahkan, tidak hanya berupa pinjaman uang, pinjaman dalam bentuk barang seperti emas pun ada. Promosi pun semakin luas ke dalam bentuk pesan singkat langsung, sehingga masyarakat yang belum banyak tahu tentang penggunaan internet tetap bisa mengetahui adanya tempat cari pinjaman uang tersebut.

Dibandingkan memudahkan, sebetulnya bentuk promosi seperti ini malah mengkhawatirkan. Resiko penipuan yang bisa saja terjadi sangat tinggi. Karena, bukan tidak mungkin jika ada orang yang sedang kepepet butuh pinjaman seperti menemukan jalan keluar dari masalah mereka. Mereka yang menganggap pinjam uang ke bank sulit karena banyak aturannya pasti akan senang dengan tawaran yang menjanjikan dananya bisa cair dengan segera itu.

Walaupun setelah Anda bertanya mengenai ini itu dan tidak menemukan kecurigaan bahwa pinjaman yang ditawarkan ini berupa penipuan, Anda harus tetap mewaspadainya. Lakukan pengecekan sampai benar-benar yakin bahwa tawaran ini tidak akan merugikan Anda ke depannya. Jangan sampai tawaran pinjaman ini seperti rentenir yang justru akan melilit Anda dengan hutang. Anda juga harus berpikir dengan cerdas dan bijak, apalagi bagaiaman orang tersebut tahu nomor Anda pun Anda tidak mengetahuinya. Bisa jadi mereka sama modusnya dengan orang yang suka mengirim pesan minta diisikan pulsa.

Trend KTA
Kredit tanpa agunan atau KTA adalah penawaran  pinjaman uang tanpa agunan atau jaminan seperti rumah, kendaraan, atau tanah. Kredit ini ditawarkan oleh bank dengan jumlah dan jangka waktu pengembalian yang lebih ringan karena disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Selain itu, bunganya pun tetap. Jadi jangan heran kenapa orang-orang banyak yang menggunakan kredit ini sebagai solusi kebutuhan uang mereka.

Selain dananya mudah cair, kredit tanpa agunan juga bisa dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Tidak hanya untuk modal usaha, bisa juga untuk kebutuhan bayar kredit kendaraan, rumah, biaya berobat, pendidikan, hingga untuk kebutuhan liburan Anda. Anda hanya diwajibkan memenuhi semua persyaratannya agar bank memudahkan Anda dalam pinjaman tersebut.

Walaupun KTA akan mempermudah Anda meminjam uang, dananya juga cepat cair, tapi ingat bahwa ini kredit yang harus Anda bayar. Gunakan KTA dengan bijak, untuk kebutuhan yang sekiranya memang mepet dan penting saja. Jangan sampai Anda senang dengan penawaran ini dan meminjamnya untuk keperluan yang tidak begitu penting. Ketika Anda berhadapan dengan cicilan setiap bulan, karena alasan peminjaman tersebut malah membuat Anda stress.

Rencanakan Pinjaman Keuangan Anda
Sebelum memutuskan  meminjam, sebaiknya Anda rancang dulu kebutuhan pinjaman keuangan tersebut. Jangan jadikan pinjaman ini memberatkan. Dalam merencanakan pinjaman, harus jelas penting tidaknya kredit ini diambil untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan jumlah yang Anda ajukan, apakah cicilan setiap bulannya akan mengganggu keuangan Anda yang lainnya atau tidak. Perlu Anda ketahui bahwa meminjam uang juga butuh komitmen dengan tidak boleh telat saat jatuh tanggal membayar cicilannya.

Utamakan Kebutuhan dari pada Keinginan

Jangan terlalu mengikuti gaya hidup. Utamakan kebutuhan hidup Anda saja. Jangan hanya karena ingin merasakan liburan ke luar negeri, Anda memanfaatkan pinjaman dari bank ini. Selama liburan mungkin Anda akan senang dan lupa jika itu menggunakan uang pinjaman. Begitu pulang, seharunya pulang liburan jadi senang dan semangat kerja lagi, Anda malah stress memikirkan cara membayarnya. Untuk keinginan-keinginan yang tidak penting ini, sebaiknya Anda menabung saja. Apalagi jika pinjaman untuk pemenuhan keinginan ini tidak sesuai dengan penghasilan Anda.

Cepat Lunas, Cepat Tenang
Bank memang akan memberikan pinjaman dan jangka waktu sesuai kemampuan dengan dana minimal sampai maksimalnya dan jangka minimal serta maksimalnya.  Lebih baik, jika memungkinkan, Anda cepat lunasi hutang pinjaman tersebut. Walaupun bunga KTA tetap, dengan cepat lunas Anda tidak perlu memikirkan hutang lagi.

Selain itu, ini akan menjadi track record yang baik untuk Anda. Jadi, ketika Anda mengajukan pinjaman kembali, bank akan percaya. Anda disiplin dan cepat lunas juga hutangnya. Anda bisa membandingkan KTA yang ditawarkan oleh setiap bank untuk mencari persyaratan yang paling mudah dan paling pas dengan keadaan keuangan Anda saat ini.

Bijak artinya tahu tujuan peminjaman, melakukan banyak pertimbangan. Tidak hanya mencari informasi dari satu sumber tapi dari banyak sumber. Mulai dari banknya langsung hingga orang yang pernah menggunakan pinjaman tersebut. Alasan Anda meminjam harus kuat untuk meyakinkan bank nanti dan juga diri sendiri bahwa Anda sanggup menghadapi cicilan setiap bulannya.

Jelilah dalam membaca persyaratannya. Lihat berapa persen bunganya, karena dalam KTA walaupun bunganya tetap, jumlahnya lebih tinggi dari pinjman pada umumnya. Secara umum, Anda harus melengkapi persyaratan pinjaman mulai dari formulir atau aplikasi pengajuan, foto copy kartu identitas berupa KTP. Slip gaji dari pekerjaan Anda saat ini juga harus dilampirkan baik asli maupu foto copynya. Tidak kalah penting buku tabungan Anda baik asli maupun foto copynya, foto copy kredit card baik depan maupun belakangnya, sertakan juga tagihannya yang asli untuk 1 bulan terakhir ini. SPT dan NPWP juga wajib Anda lampirkan copyannya.

Jangan berspekulasi dalam memperitungkan resiko pinjaman ini, tapi benar-benar Anda cermati dan pertimbangkan baik-baik setiap detail perhitungannya. Dengan berspekulasi saja, Anda tidak mungkin bisa memperkirakan dengan baik, sedangkan dengan memperhitungkan dan mempertimbangkannya maka akan lebih bisa kita perkirakan.

Menggunakan KTA dari bank lebih aman dibanding Anda menggunakan penawaran KTA yang ditawarkan secara online atau melalui pesan singkat. Jika ke bank saja yang sudah jelas membuat Anda ragu dalam pembayarannya, bisa jadi pinjaman tanpa agunan ke orang yang menawarkan secara online tersebut akan melilit Anda dengan hutang yang jauh lebih besar.

Jika memungkinkan Anda masih bisa mengusahakan tidak meminjam dan masih ada waktu untuk menabung, sebaiknya hindari meminjam. Bagaimanapun memiliki tunggakan atau cicilan hutang itu tidak akan membuat Anda tenang. Sedangkan dengan menabung akan membuat hidup Anda jauh lebih tenang. Jadi, menabunglah sejak dini untuk menghindari berbagai pinjaman yang bisa membuat Anda pusing di kemudian hari.

Menabung bisa di rumah atau di bank. Namun, menabung yang paling aman di bank. Tapi, perlu Anda ingat juga agar bijak memilih jenis tabungan ini. Pilihlah jenis tabungan yang memungkinkan Anda tidak gatal untuk mengambilnya setiap saat. Seperti deposito atau tabungan rencana lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar