Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Sering buang air kecil alias beser, berkemih terasa tidak tuntas, atau nyeri di perut bagian bawah adalah tiga gejala umum infeksi saluran kemih (ISK). ISK adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi bisa terjadi pada salah satu bagian organ kemih atau beberapa bagian sekaligus. Umumnya, ISK disebabkan oleh bakteri. Namun, tak menutup kemungkinan disebabkan oleh jamur dan virus.

Infeksi Saluran Kemih
Infeksi Saluran Kemih
ISK dapat menyerang siapa saja, tapi paling sering korbannya adalah wanita. Penyebab infeksi saluran kemih, adalah saluran kemih wanita pendek, hanya sekitar 2-2,5 cm saja. Sementara pria punya saluran kemih lebih panjang sehingga lebih terlindungi dari kuman.

Umumnya, ISK diterapi dengan pemberian antibiotik, minum banyak air putih dan menjaga kebersihan area intim. Minum yang banyak dan menjaga kebersihan adalah wajib hukumnya, namun konsumsi antibiotik dapat ditunda dan digantikan dengan pengobatan alami.

Obat Alami
Menurut Dr. Dr. Andrew Weil, medical doctor dan pendiri Arizona Center for Integrative Medicine, pengobatan alami lebih aman bagi Anda maupun para penderita infeksi saluran kemih lainnya.

Buah cranberry, baik dalam bentuk asli, jus ataupun pil suplemen dapat membantu penderita ISK. Sebuah penelitian yang dilansir oleh Cochrane Library (January 2008) menunjukkan bahwa, cranberry mengandung suatu senyawa yang membuat bakteri sulit melekat pada dinding kandung kemih, sehingga menurunkan risiko penyakit infeksi saluran kemih. Minumlah delapan hingga enambelas ons jus kranberi tanpa gula atau konsumsi 500 mg ekstrak kranberi setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan asupan probiotik pada menu harian Anda. Probiotik merupakan suplemen yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri. Penelitian menyatakan bahwa, wanita yang rajin mengonsumsi makanan mengandung probiotik lebih jarang terkena infeksi saluran kemih, memiliki kesehatan yang baik dan seimbang, serta mengurangi populasi bakteri jahat dalam usus. 

Kebutuhan probiotik dapat diperoleh dari produk susu, seperti yogurt, kefir, keju, dan kemasan berbentuk tablet atau pil yang dijual di pasaran.

Agar ISK tidak datang lagi, pastikan diri Anda melakukan kebiasaan berikut:
  1. Jangan menunda berkemih
  2. Bersihkan organ intim dari depan ke belakang; hindari penggunaan produk pembersih organ intim yang mengandung wewangian
  3. Biasakan berkemih setelah melakukan hubungan seksual. Ini membantu menghindari uretra (saluran kemih)  teriritasi oleh bakteri. emih
  4. Tetap teruskan kebiasaan minum air putih cukup sesuai kebutuhan. Dengan membuang air seni sesering, maka akan mencegah bakteri berkembang biak dalam kandung kemih. Bakteri tersebut dapat dikeluarkan bersamaan dengan urin.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang dikutip dari kompas.com, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

0 Response to "Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih"

Poskan Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×