Cara Mengobati Hyperthyroid Yang Benar


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Tiroid adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang berada pada leher bagian bawah. Tiroid menghasilkan hormon yang berhubungan dengan berbagai fungsi metabolisme, seperti jumlah kalori yang terbakar, suhu tubuh, dan berat tubuh.

Hyperthyroid
Hyperthyroid
Penyakit Hipertiroid merupakan acuan dalam menetapkan gejala dan tanda-tanda yang berkaitan dengan produksi hormon tiroid yang berlebihan yang biasanya ditandai dengan timbulnya penyakit gondok.

Beberapa penyebab Hipertiroid:
GRAVE'S DISEASE
Kondisi yang disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh dimana zat antibodi menyerang kelenjar tiroid, sehingga menstimulasi kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid terus menerus.

Graves’ disease lebih banyak ditemukan pada wanita daripada pria, gejalanya dapat timbul pada berbagai usia, terutama pada usia 20 – 40 tahun. Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi terjadinya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, yaitu dimana zat antibodi menyerang sel dalam tubuh itu sendiri.

NODULAR THYROID DISEASE
Pada kondisi ini biasanya ditandai dengan kelenjar tiroid membesar dan tidak disertai dengan rasa nyeri. Penyebabnya belum diketahui. Tetapi umumnya timbul seiring dengan bertambahnya usia.

SUBACUTE THYROIDITIS
Ditandai dengan rasa nyeri, pembesaran kelenjar tiroid dan inflamasi, dan mengakibatkan produksi hormon tiroid dalam jumlah besar ke dalam darah.

POSTPARTUM THYROIDITIS
Timbul pada 5 – 10% wanita pada 3 – 6 bulan pertama setelah melahirkan dan terjadi selama 1 -2 bulan. Umumnya kelenjar akan kembali normal secara perlahan-lahan.

Walaupun ada beberapa jenis kondisi hipertiroid, umumnya setiap pasien merasakan gejala yang sama. Dikarenakan metabolisme tubuh meningkat, pasien biasanya merasakan panas dan berkeringat lebih banyak dibandingkan orang lain. Mereka merasa kelelahan namun sulit tidur.Tangan gemetaran dan denyut jantung tidak normal. Pada beberapa kasus, pasien juga mengalami sesak napas, nyeri di dada dan otot terasa lemas.

Gejala pada tiap orang berbeda-beda. Meskipun sebagian besar gejala hipertiroid cukup mengganggu, namun sebagian besar tidak mengancam nyawa, kecuali bagi penderita penyakit jantung. Pada kasus ini, hipertiroid yang tidak ditangani dengan baik dapat berdampak buruk bagi jantung, dan dapat menyebabkan gagal jantung, detak jantung yang tidak normal atau ritme jantung tidak normal. Hipertiroid bahkan dapat menyebabkan osteoporosis.

Cara Penanganan
Hipertiroid dapat ditangani dengan menggunakan obat-obatan yang bekerja dengan menekan produksi hormon tiroid, dan mencegah timbulnya kembali gangguan atau kerusakan pada sel tiroid. Walaupun dapat membantu mengatasi hipertiroid, namun obat-obatan ini MEMILIKI EFEK SAMPING dari mulai timbulnya bercak kemerahan pada kulit sampai dengan terjadinya hipertiroid itu sendiri.

Operasi merupakan salah satu cara mengatasi hipertiroid yang sering dianjurkan oleh dokter. Tetapi jangan terburu-buru menjalaninya. Tiroid yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Jadi, pola makan yang sehat merupakan cara terbaik untuk mengatasinya.

Namun sebelum melakukan operasi, ada baiknya untuk mempertimbangkan pengobatan secara alami, setidaknya ada dua obat alami untuk mmengatasi penyakit Hyperthyroid, antara lain:

1. Khasiat daun sirsak sebagai Cara menyembuhkan penyakit hipertiroid
Daun sirsak memiliki sifat yang sangat luar biasa yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri, menghambat perkembangan virus, menghambat perkembangan parasit, menghambat pertumbuhan tumor, merileksasi otot, anti kejang, meredakan nyeri, menekan peradangan, menghambat mutasi gen, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, menyehatkan jantung, meningkatkan produksi asi pada itu hamil, melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasait, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Yang paling luar biasa adalah daun sirsak memiliki zat antikanker ( acetogenins) yang kekuatannya 10.000 kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi.

2. Khasiat kulit manggis sebagai Cara menyembuhksn penyakit hipertiroid
Pada kulit manggis terdapat kandungan senyawa xanthone merupakan antioksidan kuat. Dari sekitar 200 jenis xanthone yang diisolasi dari alam, sebanyak 40 jenis ditemukan pada manggis dan paling banyak terdapat pada bagian kulitnya. Anti-oksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, kulit manggis dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh.

Demikian Info Online tentang Cara Mengobati Hyperthyroid Yang Benar yang dikutip dari berbagai sumber, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

0 Response to "Cara Mengobati Hyperthyroid Yang Benar"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×