Cara Mengatasi Pegal Linu yang Kumat-kumatan


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Penyakit pegal linu kini seperti sebuah jenis tren tertentu. Maksudnya penyakit jenis pegal-pegal dan linu sudah menjadi hal umum yang diderita tidak hanya pada orang yang sudah berumur, namun para generasi muda zaman modern ini banyak juga yang sering mengeluh mengalami gejala pegal linu pada bagian tubuhnya. Hal ini mungkin akibat jenis pekerjaan sehari-hari yang tidak memberikan banyak olah gerak tubuh, sehari-hari hanya duduk di dalam perkantoran dan menghadap depan komputer sambil mengulas data-data perusahaan. 

Mengatasi Pegal Linu yang Kumat
Ilustrasi
Nah, alhasil dengan tuntutan pekerjaan harian seperti itu maka tren penyakit pegal linu kian merata pada usia rentang pekerja muda sampai pensiunan. Kunci yang menjadikan persamaan penyebab yaitu karena otot-otot tubuh dan bagian tubuh secara umum jarang digunakan untuk bergerak. Padahal tubuh pada dasarnya diciptakan untuk melakukan gerak. Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa cara untuk mengatasi pegal linu yang umum itu.

Cara mengatasi pegal linu bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Hanya butuh sedikit usaha dan telaten untuk meracik ramuan dengan bahan-bahan alami yang tersedia di pasar. Sebenarnya untuk gejala pegal linu yang ringan bisa diatasi dengan jalan memijat pada sekitar bagian tubuh yang terasa pegal dan linu. Namun untuk gejala pegal linu yang telah menahun sering kumat-kumatan diperlukan semacam obat-obatan bak yang secara medis dari olah kimiawi maupun dari jenis herbal yang mudah didapatkan dari alam. Beberapa bahan alami yang biasanya digunakan sebagai cara mengatasi pegal linu adalah sebagai berikut;
  1. Minyak cengkeh. Minyak cengkeh memiliki kandungan yang bisa untuk mengatasi gejala pegal linu. Oleskan minyak cengkeh pada bagian tubuh yang terasa pegal-pegal. Beberapa saat kemudian akan terasa hangat ada bagian tubuh yang diolesi dengan minyak cengkeh tersebut.
  2. Daun Rosemary. Daun rosemary telah umum digunakan untuk mengatasi pegal linu. Secara penjelasan ilmiahnya anda bisa tanyakan pada orang-orang yang mempelajari ilmu kimia medis ataupun orang yang ahli dalam bidang pengobatan herbal. Cara penggunaannya yaitu rendam daun Rosemary e dalam air hangat. Kemudian tunggu sampai hangat. Setelah itu rendam bagian tubuh yang terasa pegal-pegal ke dalam hasil racikan rendaman daun Rosemary tersebut.
  3. Menambah asupan kalsium dan magnesium. Gejala pegal linu juga bisa sebagai indikator bahwasannya tubuh kekurangan kalsium dan magnesium. Kedua jenis zat tersebut bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi susu murni, atau susu yang secara khusus dibuat untuk menambah kalsium dan magnesium. Jika jumlah kebutuhan kalsium dan magnesium tubuh anda tercukupi, maka gejala sering pegal-pegal dan linu akan bisa diminimalisir.


Selain bahan-bahan tersebut, di bawah ini ada sebuah resep yang bisa anda coba untuk mengatasi gejala pegal linu. Siapkan bahan-bahan berupa jahe, jeruk nipis, dan kain kasa. Haluskan jahe sambil diberi air sedikit-demi sedikit secukupnya. Kemudian tambahkan ekstrak dari jeruk nipis, lalu aduk sampai rata. Kemudian racikan jahe dan jeruk tipis yang sudah merata tersebut tempelkan pada bagian yang terasa pegal-pegal atau linu, lalu tutup dengan kain kasa. Diamkan selama satu jam. Gunakan ramuan tersebut sehari dua kali. Racikan ini juga bisa dioleskan begitu saja pada bagian tubuh yang pegal tanpa ditutup balutan kain kasa. Terserah sesuai selera masing-masing. Demikianlah beberapa bahan herbal alami dan resep yang biasa digunakan sebagai cara mengatasi pegal linu. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Pegal Linu yang Kumat-kumatan"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×