Perkembangan Janin di Trimester Pertama


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Hal yang paling ditunggu-tunggu untuk pasangan suami istri adalah kehamilan yang merupakan momen yang sangat penting. Selain gembira akan segera datangnya si buah hati, Datangnya kehamilan juga mengundang berbagai perubahan terhadap tubuh ibu hamil. Fase-fase kehamilan dibagi menjadi tiga jenis trimester. Saat memasuki Trimester pertama sekitar 0-3 bulan, Trimester kedua sekitar 4-6 bulan sedangkan trimester ketiga sekitar 7-9 bulan.

Janin di Trimester Pertama
Ilustasi
Di trimester pertama tubuh Ibu hamil akan mengalami perubahan. Calon ibu akan seringkali mengalami mual, moring sickness,muntah dan masih banyak lagi. Ini merupakan salah satu tanda keberadaan janin mulai muncul di rahim calon ibu. Di fase trimester pertama juga muncul kantung yang berisi air ketuban, yang dibentuk dari sekitar embrio. Fungsi dari air ketuban itu sendiri sebagai pelindung janin selama proses kehamilan. Calon ibu juga akan mengalami pembentukan plasenta, berbentuk bulat, rata yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi dari calon ibu ke bayi dan mengeluarkan kotoran-kotoran bayi.

Saat memasuki perkembangan janin trimester pertama dari lactamil mulailah terbentuk wajah bayi, dimulai dengan lingkar hitam tempat mata berada, mulut, rahang bawah dan tenggorokan. Sel-sel darah juga mulau tumbuh dan terbentuk dan sirkulasi darahpun dimulai. Saat setelah melewati bulan pertama di perkembangan janin trimester pertama dari lactamil, janin biasanya memiliki panjang mencapai 6 sampai dengan 7 mm atau seukuran sebutir beras.

Ketika memasuki bulan kedua, wajah bayi mulai terus-menerus mengalami perkembangan. Telinga mulai bermunculan di kedua sisi kepala, walaupun ukurannya hanya berupa selembar kulit. Selanjutnya di perkembangan janin trimester pertama dari lactamil, mulailah tumbuk lengan dan kaki lengkap dengan jari-jari tangan serta kaki. Dibulan kedua ini juga kedua mata bayi ini mulai terbentuk. Dibulan kedua trimester  pertama ini juga jaringan-jaringan saraf yang menyelimuti otak, saraf tulang belakang serta beberapa jaringan saraf lainnya yang terbentuk dengan sangat sempurna dibulan kedua ini. Selain itu juga saluran dan organ-organ sensor lainnya juga mulai terbentuk pada bayi ini. Tulang-tulang rawan mulai digantikan dengan tulang padat, serta embrio mulai mengalami pergerakan-pergerakan tentunya dapat dirasakan oleh ibu.

Embrio menjadi fetus saat memasuki akhir bulan kedua, dengan begitu bayi akan mulai terbentuk secara sempurna, dengan lengan yang lengkap, tangan, jari-jari, kaki dan jempol, serta tangannya dapat menggenggam dan mulutnya dapat mengatup, proses ini akan terjadi pada bulan ketiga kehamilan.

Janin yang memiliki usia tiga bulan, sudah mulai mengalami pembentukan beberapa organ lainnya seperti kuku pada jari tangan serta jari kaki. Lapisan-lapisan telinga bagian luar juga mulai terbentuk.


0 Response to "Perkembangan Janin di Trimester Pertama"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×