Minggu, 26 Februari 2017

Tips Meraup Untung Lewat Bisnis Jual Beli Vila

Info Online - Properti merupakan sebuah media investasi yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Bisnis di bidang ini tidak pernah berhenti berkembang dan terus menunjukkan prospek yang semakin baik setiap tahunnya.

Vila
Ilustrasi
Harga properti bisa melonjak hingga lebih dari 100 persen dalam waktu beberapa tahun. Misalnya saja, harga rumah yang saat ini Anda beli dengan harga Rp100 juta, harganya bisa naik hingga menjadi Rp250 juta dalam kurun waktu 3 sampai 4 tahun.

Bahkan, ketika harga emas mengalami penurunan secara drastis dan menumbangkannya sebagai media investasi terbaik di dunia yang bebas efek inflasi, belum pernah terjadi hingga saat ini harga rumah dan tanah berubah turun tanpa ada faktor eksternal yang memengaruhi. Seperti bencana alam misalnya.

Pasar dari bisnis properti tidaklah sembarangan. Semakin hari, pasar ini semakin besar dan terus mengalami peningkatan. Setiap lahir keluraga baru, maka secara otomatis akan muncul pula permintaan baru akan tempat tinggal. Bahkan, tidak jarang sebuah keluarga yang sudah memiliki rumah merasa perlu untuk memiliki rumah lagi di beberapa kota untuk dijadikan vila.

Bagaimana Memulainya?

Menjalankan bisnis properti berbeda dengan berbisnis di bidang manajemen. Dalam bisnis manajemen, ada teori bahwa jika semakin tinggi keuntungan, maka akan semakin tinggi pula risiko yang akan dihadapi. Namun, lain halnya dengan bisnis properti. Dalam bisnis properti, yang dikenal malah minim risiko tetapi keuntungan semakin naik.

Nah, langkah awal dalam memulai bisnis properti ini sebenarnya sama dengan bisnis lainnya, yaitu menentukan target sasaran. Untuk menentukan sasaran, Anda juga harus mengetahui potensi yang ada di daerah yang menjadi sasaran Anda.

Misalnya, jika daerah sasaran Anda merupakan kota bisnis yang memiliki banyak perkantoran dan pabrik, maka sasaran properti yang cocok adalah rumah hunian. Karena di daerah seperti ini, ada banyak keluarga baru, karyawan, serta pegawai yang membutuhkan rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal. Selain rumah, menargetkan ruko di tempat yang strategis juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sementara, jika daerah sasaran Anda merupakan kawasan wisata, sasaran properti yang cocok adalah vila atau resor. Karena, daerah yang menjadi kawasan wisata biasanya menarik sebagian orang untuk memiliki vila ataupun resor di tempat tersebut. Entah itu untuk disewakan, ataupun untuk keperluan pribadi.

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Vila

Setelah menentukan target sasaran, kini saatnya Anda memulai bisnis. Jika Anda menargetkan vila sebagai properti jual beli, berikut ini adalah beberapa tips untuk memulainya.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Salah satu faktor pendukung suksesnya bisnis properti adalah pemilihan lokasi yang strategis. Vila yang banyak dicari oleh pembeli biasanya adalah yang dekat dengan tempat wisata ataupun yang memiliki suasana damai dan jauh dari kebisingan. 

Selain itu, lokasi vila yang mudah dijangkau, memiliki akses jalan yang baik, serta dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, tempat ibadah, rumah sakit, dan pusat kuliner, sebaiknya juga menjadi perhatian Anda.

2. Pastikan Izin Legalitas Bangunan

Legalitas merupakan hal terpenting sebelum Anda membeli sebuah vila. Pastikan Anda memeriksa surat-surat yang berkaitan dengan izin pendirian bangunan, pajak, dan berkas-berkas lainnya. Seperti sertifikat rumah dan tanah, Surat Hak Milik (SHM), serta surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

3. Beli Properti Bekas dengan Harga Murah

Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan dengan modal yang tidak cukup besar, Anda bisa membeli rumah tua atau rumah yang konsisinya sudah rusak dengan harga yang murah. Setelah membelinya, renovasi rumah tersebut untuk dijadikan vila dan jual/sewakan dengan harga tinggi. Harga jual ini bisa Anda tentukan dari harga beli rumah ditambah dengan biaya renovasi serta nilai profit yang ideal.

4. Rancang Desain yang Menakjubkan

Penampilan vila dapat berpengaruh pada harga jual. Semakin menarik tampilan vila dan semakin lengkap fasilitasnya, akan semakin tinggi pula harganya. 

Vila merupakan rumah cadangan yang jarang ditempati, dan biasanya si pemilik ingin mencari suasana berbeda dari yang biasa ditemuinya sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan desain eksterior dan eksterior dari vila tersebut. 

Untuk mengerjakan hal ini, tidak ada salahnya jika Anda menambah sedikit modal untuk menggunakan jasa arsitek. Meskipun modal lebih banyak, namun bisa jadi keuntungkan yang Anda peroleh juga menjadi berkali-kali lipat.

5. Pemilihan Harga 

Setelah semua hal terkait pemilihan lokasi, izin legalitas, serta desain vila yang menarik sudah terpenuhi, maka saatnya Anda menentukan kisaran harga yang ideal. Untuk menentukan harga jual, pertimbangkan terlebih dahulu modal awal yang Anda pakai untuk membeli vila serta uang belanja yang sudah Anda keluarkan. Seperti untuk merenovasi dan menggunakan jasa arsitek.

Selain itu, jika tidak ingin buru-buru menjual vila, prediksi juga berapa lama dan seberapa besar Anda akan mendapatkan keuntungan. Apakah 5 tahun setelahnya? 7 tahun setelahnya? Atau lebih dari 10 tahun setelahnya? Silakan tentukan dan pertimbangkan hal ini dengan matang agar Anda dapat merasakan keuntungan yang berlipat.

Melirik Bisnis Properti Vila di Kawasan Wisata Jawa Barat

Jawa Barat terkenal dengan beberapa kawasan wisata yang banyak diminati para wisatawan. Salah satunya kota Bandung. Lokasinya yang mudah dijangkau dari Jakarta menjadikan kota ini sebagai destinasi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan panjang. Sehingga, tak heran jika ada banyak vila di Bandung yang disewakan untuk para wisatawan.  

Selain Bandung, Kota Hujan Bogor juga menjadi destinasi wisata favorit lainnya di Jawa Barat. Dengan suasananya yang sejuk dan udaranya yang bersih, banyak warga dari luar kota mendirikan vila di Bogor untuk dijadikan rumah cadangan yang disinggahi saat liburan.

Jika Anda jeli, kedua daerah di Jawa Baratini bisa menjadi lahan bisnis properti yang menjanjikan.Di samping merupakan kawasan wisata, akses transportasi yang memadai dari Jakarta juga membuat daerah ini sebagai wilayah yang nyaman untuk menjadi tempat tinggal atau mendirikan vila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar