Jumat, 17 Maret 2017

Bagini Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Dan Menulis Dengan Tepat

Info Online - Semakin berkembangnya teknologi dan dunia membuat pertumbuhan dan perkembangan anak semakin cepat, jika dulu cara mengajari anak belajar membaca dan menulis dimulai sejak anak menginjak sekolah dasar kelas 1 namun sekarang anak – anak akan diterapkan cara mengajari anak belajar membaca dan menulis sejak dini bahkan ada beberapa taman kanak – kanak yang mewajibkan anak didik yang mendaftar sudah bisa membaca dan menulis. Hal ini tentunya akan membuat tugas ibu dan para orang tua semakin bertambag dengan harus mengajarkan anak untuk menulis dan membaca sejak dini, sedangkan kondisi anak yang cenderung senang untuk bermain sangat sulit untuk diajak belajar. Hal ini tentunya memerlukan cara mengajari anak belajar membaca dan menulis yang khusus dengan trik – trik tertentu. Kamu bisa perhatikan beberapa langkah berikut ini untuk mengajari anak membaca dan menulis sejak dini.

Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Dan Menulis
Ilustrasi
Bunyi bahasa atau Fonem
Kenalkan anak dengan dasar – dasar membaca yang baik sebelum ia mulai membaca dan memahami kata – kata. Berikan pemahaman akan kata – kata yang memiliki rima dan suku kaa yang mirip seperti peras dan berat atau duri dan lari, untuk rima kamu bisa mengenalkannya melalui pantun.

Kosa kata
Bantu anak anda untuk mengenal lebih banyak kata dengan sering berkomunikasi dengan kata – kata yang lebih banyak atau dengan banyak membacakan anak cerita – cerita menarik untuk anak – anak agar anak lebih mudah untuk menyerap dan mengetahui banyak kata – kata baru.

Ajarkan secara perlahan
Jangan memaksakan anak – anak untuk bisa lancar membaca dalam waktu yang singkat. Biarkan mereka untuk mempelajari dan memahami caranya secara perlahan. Jangan lupa untuk selalu mendampingi dan memberikan pujian pada anak anda saat ia berhasil membaca satu kalimat.

Memahami isi bacaan
Selain harus menerapkan cara mengajari anak belajar membaca dan menulis yang tepat anda juga harus mengajarkan anak akan pemahaman pada bacaan yang mereka baca atau dengarkan. Jangan terburu – buru untuk menutup buku yang mereka baca. Mintalah ia untuk menceritakan kembali isi cerita yang sudah ia baca. Tidak harus secara menyeluruh menceritakannya anda bisa meminta anak untuk menyebutkan nama tokoh yang ada dalam cerita atau kejadian – kejadian yang paling menarik di dalam cerita yang ia baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar