Ini Dia Minuman Tradisional Paling Unik Di Indonesia


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Indonesai dikenal dengan kulinernya yang sangat nikmat dan beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki minuman tradisional yang berbeda – beda dengan ciri khas dan keunikannya masing – masing. Minuman tradisional ini umumnya disajikan untuk menemani waktu bersantai dan berkumpul dengan kerabat. Rasanya yang khas membuat siapa pun yang mencobanya merasakan kenikmatan yang berkesan. Berikut beberapa minuman tradisional yang termasuk minuman unik yang ada di Indonesia.

Minuman Paling Unik
Ilustrasi
Es Teler
Minuman tradisional ini dibut dengan campuran potongan – potongan aneka buah – buahan seperti kelapa muda, alpukat, mangga, dan nangka matang yang disiram dengan santan kelapa encer dan pemanis berupa susu kental manis dan sirup perasa ditambah dengan parutan es lembut diatasnya membuat minuman ini terasa segar di tenggorokan. Banyaknya buah – buahan yang dicampurkan membuat es teler menjadi minuman bernurisi tinggi. 

Teh Pletok
Minuman tradisional khas dari betawi ini terkenal dengan nama bir pletok. Padahal sebenarnya minuman teh pletok ini tidak mengandung alcohol sedikit pun. Hanya kayu manis dan cengkih yang menjadi bahan utama minuman menyegarkan ini. Teh pletok diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti mual, diare, pilek, hingga kejang otot. Bahkan minuman tradisional ini pun dipercaya dapat membantu program diet.

Limun Sarsaparilla
Minuman khas dari Yogyakarta ini merupakan minuman tradisional yang paling elit pada tahun 1950 – 1970an. Kebanyakan para penikmatnya menyebut minuman tradisional ini sebagai cola jawa. Limun sarsaparilla ini memiliki cita rasa yang khas ketika menyentuh lidah. Begitu mengecap minuman ini aroma kuat laiknya mint cukup terasa dan memberikan efek segar pada rongga hidung dan dada.

Lahang
Minuman tradisional ini terbuat dari nira. Lahang memiliki citarasa manis dan segar ketika meminumnya. Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren. Cara untuk mendapatkannya pun tak semudah yang kita bayangan. Memerlukan keahlian atau kecapkapan khusus untuk mendapatkan lahan dari pohon aren yang masih segar. Citarasanya yang khas dan cara mendapatkannya yang cukup sulit membuat minuman tradisional ini memiliki keunikannya tersendiri di mata para penikmat setianya.


0 Response to "Ini Dia Minuman Tradisional Paling Unik Di Indonesia"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×