Solusi Terbaik Jual Rumah Yang Masih Dalam KPR


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Kredit pemilikan rumah atau yang disingkat KPR, sering kali digunakan untuk orang-orang yang ingin membeli sebuah rumah idaman, tapi tidak memiliki dana besar untuk membayar lunas. Dalam proses pengkreditan rumah akan dilunasi oleh pihak bank dan untuk surat-surat berharga pasti bakal dibawa oleh pihak bank sampai cicilan anda lunas. Tetapi kalau anda sering nunggak dan gak mau meneruskan cicilan besar kemungkinan rumah tersebut akan disita bank.

Jual Rumah
Ilustrasi
Pada dasarnya kita pasti pernah berfikiran apakah bisa rumah yang masih KPR bisa dijual?? Benar tidak. Dalam hal ini anda selaku pemilik rumah tersebut masih bisa melakukan penjualan walaupun masih dalam sistem KPR. Tetapi perlu anda ketahui dengan cermat system dan cara-caranya. Jadi jangan asal main jual saja. Berikut adalah cara menjual rumah yang masih dalam Kredit kepemilikan Rumah dengan cara over kredit rumah.  

Melakukan Pelunasan Terlebih Dahulu (Lebih Awal)
Cara yang paling mudah menurut saya, anda bisa menjual rumah anda tetapi dengan syarat melunasi semua cicilan. Resikonya adalah anda terkena denda pinalti dari bank karena pelunasan tidak sesuai tenor yang telah disepakati di awal.

Menjual Rumah dan Kemudian Melakukan Pelunasan
Cara yang satu ini adalah cara untuk orang-orang yang nekat yang berani ambil resiko besar. Sebab, dengan kepinteran dalam bicara bisa melabuhi orang untuk membeli rumah tersebut walaupun belum ada hak milik rumah. Jadi setelah terjual dan mendapatkan uang setelah itu melunasi cicilan. Atau bisa saja pembeli membayar berapa dan sisanya untuk si penjual semua tergantung kesepakatan.

Melakukan Over Kredit Rumah
Anda juga dapat melakukan penjualan rumah dengan cara over kredit rumah KPR ke pihak pembeli. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan tetapi besar kemungkinan akan menanggung biayanya.
  • Mengambil alih Kredit rumah di bank yang sama dimana nantinya pembeli melanjutkan cicilan di bank yang sama sampai semuanya lunas.
  • Gunakan cara KPR take over kredit rumah, artinya pembeli yang akan melanjutkan pinjaman di bank berbeda dari sebelumnya. 

Paling penting dalam melakukan penjualan rumah yang masih dalam proses KPR adalah harus jelas dan diketahui oleh kedua belah pihak. Para pihak mesti membawa bukti salinan perjanjian yang telah disepakati. Jika melakukan over kredit rumah, maka bank perlu mengetahui akan hal tersebut dan diberikan salinan perjanjian tersebut. 


0 Response to "Solusi Terbaik Jual Rumah Yang Masih Dalam KPR"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×