Ukur Kesiapan Anda Dalam Membeli Rumah KPR


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang, baik yang sudah berumah tangga atau belum. Sebab, ketika berada di rumah sendiri kita lebih bebas menentukan aturan di rumah. Untuk mempunyai rumah sendiri tak perlu khawatir karena sekarang banyak sekali program rumah KPR murah yang memudahkan Anda. Program ini diselenggarakan oleh pemerintah dan bekerjasama dengan bank untuk memberikan hunian yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Rumah KPR
Ilustrasi
Adanya program ini membuat banyak orang senang karena hanya memilki sedikit uang sudah bisa memperoleh rumah yang bagus. Anda bisa membayar DP kecil atau bahkan rumah tanpa DP untuk menempati hunian yang nyaman. Tapi, seberapa siapkan Anda membeli rumah KPR murah? Jangan sampai salah ambil langka yang ujungnya menyengsarakan Anda beserta keluarga. Simak apa saja yang harus Anda persiapkan untuk memiliki rumah idaman dengan KPR!

Pastikan ada dana sekitar 5%-10% dari harga rumah
Langkah pertama yang perlu disiapkan untuk mendapatkan hunian prbadi adalah uang sebesar 5% - 10% dari harga rumah. Dana tersebut diperuntukkan sebaga uang muka dan itu penentu utama apakah Anda mampu membeli rumah KPR murah atau tidak. Alangkah baiknya Anda mempunyai dana lebih yakni sekitar 20% dari harga rumah, sehingga cicilannya nanti kecil. 

Kendalikan hutang-hutang Anda
Membeli rumah KPR murah berarti Anda berhutang kepada pihak bank. Jadi, rencanakan keuangan dengan tepat. Sisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, kelola uang tabungan dan dana tak terduga, baru sisanya untuk mengangsur cicilan. Jangan sampai hutang tersebut diluar kendali yang menyebabkan Anda terpuruk. 

Pastikan Anda mempunyai penghasilan yang dapat diandalkan
Maksud dari penghasilan yang bisa diandalkan adalah Anda memiliki pendapatan tetap yang mampu memenuhi cicilan tersebut. Apabila Anda berencana berhenti dari pekerjaan atau untuk menikah dalam waktu dekat, maka tabungan harus mencukupi. 

Sudahkah menemukan tempat tinggal yang tepat
Selanjutnya yang harus disiapkan yaitu letak rumah KPR rumah. Letaknya harus strategi dan dekat dengan fasilitas umum. Sehingga, Anda bisa memenuhi kebutuhan dengan mudah dan cepat. Pastikan tempat tinggal Anda dekat dengan kantor tempat Anda bekerja. Kalau jauh aksesnya Anda sendiri yang rugi karena pengeluaran uang transport membengkak. 

Siapakah yang akan Anda ajak tinggal
Sesuaikan rumah dengan jumlah orang yang tinggal disana. Kalau Anda tinggal sendiri, rumah kecil tidak menjadi masalah. Tapi, kalau Anda tinggal bersama pasangan atau keluarga lainnya rumah harus lebih besar dan memiliki jumlah kamar yang cukup. 


0 Response to "Ukur Kesiapan Anda Dalam Membeli Rumah KPR"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×