Sabtu, 16 September 2017

Penasaran Bagaimana Cara Bikin Kue Semangka? Ikuti 5 Langkah Sederhana Ini!

Info Online - Semangka memang buah sangat segar. Cocok untuk pelepas dahaga ketika siang begitu terik dan menyengat. Tapi kita tidak lagi membahas buah semangka, melainkan kue kering berbentuk semangka. Pastinya unik sekali, kan? Bisa juga untuk mengecoh kawan yang baru pertama kali lihat. Kalau Anda sudah sering baca aneka resep kue, pasti tidak akan kerepotan mengikuti langkah-langkah ini. Ayo kita mulai!

Kue Semangka
Ilustrasi

Siapkan Bahan-Bahannya

  • 200 gram blue band
  • 350 gram tepung terigu
  • 160 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • pewarna merah dan hijau
  • wijen hitam (untuk aksesori biji nantinya)


Proses Pembuatannya


1. Pengocokan dan Pengadukan

Tahap ini mengikutsertakan gula, kuning telur, dan juga blue band. Kocok atau di-mix hingga terasa lembut dan halus. Kalau belum halus, usahakan sampai halus. Ini wajib, biar tekstur kue nantinya bisa maksimal. Jangan lupa tambahkan tepung terigu. Aduk mereka sampai merata. Kalau mau mencicipi juga boleh, untuk memastikan sudah tercampur atau belum.

2. Pembagian Adonan

Setelah adonan siap, pisahkan jadi tiga bagian. Perbandingannya 2:1:1. Bagian yang besar itu untuk warna merah (biar mirip daging semangka). Sementara yang lainnya beri warna hijau dan juga dibiarkan polos (untuk manipulasi kulit semangka). Baru sampai di sini saja sudah terasa sekali kalau aneka resep kue kering ini unik sekali, kan? Ayo kita lanjutkan.

3. Pembekuan

Pada tahap ini kita akan berurusan dengan freezer. Adonan yang merah itu bentuk menyerupai lontong. Baru dimasukkan ke freezer selama kurang lebih 10 menit. Kemudian kita gilas adonan polos dan juga adonan merah. Masukkan ke freezer lagi. Sementara yang adonan hijau, kita gilas tipis. Bungkus mereka pakai plastik wrap dan masukkan ke freezer 10 menit.

4. Pemotongan

Tujuan dari durasi waktu 10 menit itu biar bisa dipotong. Kalau sudah bisa dipotong kan jumlah kue semangka bisa banyak nantinya. Begitu kue semangka sudah dibentuk kecil-kecil, susun saja dengan rapi di loyang. Jangan lupa tambahkan wijen untuk efek manipulasi biji semangka. Sampai di sini, kita sudah bisa menamainya kue semangka, tapi belum bisa dimakan.

5. Pemanggangan

Atur oven dengan suhu panas sewajarnya saja. Apa loyang-loyang sudah terisi calong kue kering semangka semua? Baiklah. Langsung saja kita masukkan ke oven. Tunggu sampai matang. Tapi jangan sampai terlalu matang, nanti warnanya bisa bergeser jadi bukan semangka segar lagi. Setelah itu sajikan dan panggil teman-teman Anda untuk ikut menikmati.

Tidak perlu koki yang handal untuk bisa bikin kue yang unik ini. Hanya dengan waktu yang relatif singkat, Anda sudah bisa menikmati hasilnya. Tahu tidak, aneka resep kue ini sering dicari-cari oleh orang, lho! Itu berarti peminatnya banyak. Tapi siapa bisa menjamin kalau di tempat Anda resep ini masih terasa kurang familiar? Grab it! Anda bisa jadi yang pertama dan menginspirasi orang-orang di sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar