5 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak dan Bikin Nagih


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Aktivitas ngopi sudah jadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tanpa hadirnya kopi, mungkin akan membuat hari-hari terasa kurang manis. Namun biasanya mayoritas penduduk Indonesia masih suka bikin kopi susu secara instan atau pakai kemasan sachet-an. Padahal bukan itu minuman kopi susu yang mantap. Kalau kamu lagi mencari cara membuat kopi susu yang enak dan bikin nagih, ini dia. So different!

Kopi Susu
Ilustrasi: Sriwijaya Post

1. Masak Air Hingga Mendidih

Kamu bisa memasak air langsung via kompor. Ketika air sudah mulai terdengar berisik jangan buru-buru diangkat. Kalau buru-buru diangkat nanti hasil minuman kopinya masih canggung. Tunggu hingga benar-benar mencapai titik didih tertentu. Setelah itu, jaga panasnya. Soalnya kita akan menginjak step berikutnya yang tak kalah krusial.

2. Panaskan Susu Pilihan

Ketika kamu sudah berhasil memilih susu favorit. Langkah selanjutnya panaskan susu itu ke oven atau kompor. Berapa waktu ideal yang dibutuhkan? Kira-kira 1 menit 45 detik. Semakin panas semakin bagus. Nanti akan terasa sendiri di lidah begitu sudah memakai cara-cara terbaik dengan bahan pilihan.

3. Tambahkan Kopi Tumbuk

Langkah ini hanya bisa dilakukan ketika di warung sekitarmu ada yang jual kopi tumbuk dengan kemasan tradisional. Kalau tidak ada, tidak apa-apa pakai yang sachet-an. Soal rasa memang lebih unggul yang kopi tumbuk karena masih terasa alami. Setelah itu, campurkan kopi dengan air dan susu yang sudah mendidih itu. Bisa pakai cangkir ataupun gelas. Sesuai selera.

4. Tambahkan Gula

Penambahan gula punya dua fungsi yang cukup vital. Pertama, agar rasa kopi semakin menarik dan kuat. Kedua, agar warna yang tercipta jadi agak cokelat. Dari pencampuran ketiga bahan pokok ini sebenarnya sudah bisa dikatakan siap minum. Tapi kalau begini saja artinya kamu belum mencapai tahap maksimal cara membuat kopi susu yang enak dan bikin nagih.

5. Tambahkan Kulit Kayu Manis

Nah, agar aroma yang keluar semakin kuat, tambahkan kulit kayu manis. Setelah semuanya tercampur rata, coba hirup aromanya perlahan-lahan. Hirup sampai rasa nikmatnya bisa sampai ke pangkal pernapasanmu. Seakan-akan aroma kopi itu melekat dalam tubuhmu. Minum kopi susu yang pakai seni hasilnya jauh lebih berkualitas daripada yang asal minum.

Setelah tahu 5 cara membuat kopi susu yang enak dan nagih di atas, tunggu apa lagi? Coba praktikkan dan rasakan sensasinya. Memang, ketika kamu pakai cara di atas akan menyita waktu yang cukup lama. Tapi sekali lagi, dibandingkan dengan cara instan, rasanya jauh lebih nikmat. Usahakan campuran kopi, air, dan susu yang kental saja. Biar ketika menyeruput sedikit saja sudah terasa puas.


0 Response to "5 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak dan Bikin Nagih"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×