Pahami Unsur-Unsur Berita Ini Agar Tidak Terjebak Hoax Saat Mengakses Berita Presiden Jokowi


Baca Artikel Lainnya

Info Online - Dewasa ini, masyarakat selalu ingin mengetahui perkembangan tentang orang nomor satu di Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo. Sayangnya, banyak berita hoax yang beredar di situs-situs jejaring sosial. Kecanggihan teknologi dan mudahnya akses internet membuat peredaran berita hoax ini makin marak.

berita Presiden Jokowi
Ilustrasi
Masyarakat dibuat kesulitan membedakan mana berita Presiden Jokowi yang benar dan yang termasuk berita bohong atau hoax. Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui apakah berita tersebut hoax atau bukan, yakni dengan memahami unsur-unsur berita. Berikut unsur-unsur berita yang dapat menghindari kita dari jebakan berita hoax.

1. What (Apa)

Unsur yang berkaitan dengan peristiwa ini haruslah berisi sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan. Jika berisi opini, maka belum dapat dikatakan berita, karena fakta dan opini tidak boleh dicampur dalam berita.

2. Who (Siapa)

Di dalam berita harus disebutkan secara jelas siapa narasumber yang berkaitan dengan isi berita. Sehingga, jika suatu berita tidak mencantumkan narasumber maka kebenaran berita tersebut patut dicurigai.

3. When (Kapan)

Berita dapat diuji kebenarannya dengan adanya pencantuman waktu terjadinya suatu peristiwa yang akan dijadikan berita. Waktu dapat berupa tanggal, jam, ataupun hari. Jika tidak jelas, bisa dipastikan itu adalah hoax.

4. Where (Di mana)

Selain waktu, tempat di mana peristiwa terjadi juga wajib ada di dalam berita. Keterangan tempat ini harus dicantumkan secara jelas dan lengkap. berita hoax biasanya tidak pernah mencantumkan tempat terjadinya peristiwa.

5. Why (Mengapa)

Di dalam berita wajib juga mengandung unsur ke lima ini, yaitu alasan terjadinya peristiwa. Setiap peristiwa pasti muncul karena adanya sebab dan akibat. Berita hoax biasanya hanya berisi akibat, ini seperti tiba-tiba berasap tanpa api.

6. How (Bagaimana)

Berita yang benar memiliki runtutan kejadian bagaimana peristiwa dapat terjadi. Berita hoax tidak akan memuat bagaimana kronologi awal peristiwa tersebut dapat terjadi hingga akhir dari peristiwa tersebut.

Memahami unsur-unsur yang wajib ada di dalam berita, dapat membantu kita terhindar dari jebakan berita hoax. Saat mengakses berita kita memang harus selalu berhati-hati. Memerangi hoax sama seperti memerangi hama. Satu tumbang, yang lain mulai bermunculan. Kita harus menjadi pembaca yang cerdas dan tidak mudah termakan berita bohong. 

Akses berita Presiden Jokowi yang aktual dan terpercaya melalui situs tagar.id. Berita dalam situs ini selalu memenuhi kualifikasi dari unsur-unsur berita yang dijelaskan. Berita yang disajikan tentu merupakan berita yang dibuat berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan sehingga kita bisa dapat dengan tenang mempercayainya tanpa harus takut berita tersebut adalah hoax. Segera kunjungi dan dapatkan berita ter-update di sana.


0 Response to "Pahami Unsur-Unsur Berita Ini Agar Tidak Terjebak Hoax Saat Mengakses Berita Presiden Jokowi"

Posting Komentar

Close Otomatis Setela di Like

×