Jumat, 05 Januari 2018

Oleh-Oleh Istimewa yang Bisa Dibawa Pulang Saat Berlibur ke Solo

Info Online - Solo merupakan salah satu kota populer di Jawa Tengah yang sering menjadi destinasi wisata. Akses transportasinya pun sangat mudah, Anda tinggal memesan tiket kereta api atau tiket pesawat jika ingin berlibur ke Solo. Banyak sekali penginapan dan objek wisata yang bisa Anda singgahi selama berlibur di Solo.

Oleh Oleh Khas Solo
Ilustrasi
Anda juga bisa membawa pulang beragam oleh-oleh menarik dari Solo. Siapkan saja budget dan waktu Anda untuk membeli beberapa jenis oleh-oleh berikut ini:

Intip
Jika dilihat sekilas, intip memang sangat mirip dengan rengginang. Keduanya juga terbuat dari bahan dasar yang sama, yaitu kerak nasi. Namun intip memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada rengginang. Kerak nasi yang sudah dicetak untuk bahan dasar intip kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang dan renyah. Biasanya intip disajikan dengan siraman gula merah pada permukaannya. Sehingga cita rasa intip yang gurih berpadu dengan rasa manis dari gula merah. 

Abon Mesran
Ada dua jenis bahan dasar abon Mesran, yaitu daging sapi dan daging ayam. Cita rasa manis dan pedas pada abon populer ini memang senantiasa disukai oleh para wisatawan. Abon Mesran juga menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat karena kemasannya mudah dibawa dan masa kedaluwarsanya lama. Menyantap abon Mesran memang paling pas bila ditemani suguhan seporsi nasi hangat.

Ampyang
Ampyang adalah camilan manis khas Solo yang pasti disukai semua orang. Bahan dasar ampyang terbuat dari kacang tanah yang sudah disangrai sampai matang. Kacang tersebut kemudian disiram dengan cairan gula merah panas kemudian didiamkan sejenak hingga mengeras. Selain rasa original, Ada pula variasi rasa ampyang lainnya seperti cokelat dan jahe.

Rambak Petis
Kerupuk kulit sapi atau kulit kerbau khas Solo dikenal dengan sebutan rambak. Teksturnya sangat gurih dan bebas bau amis sehingga sangat sedap sebagai camilan. Sajian rambak ini biasanya dipadukan dengan petis udang bercita rasa pedas. Sekali mencoba, siapa pun pasti ketagihan ingin terus menikmatinya.

Surabi Solo
Surabi Solo tentu sangat berbeda dengan surabi yang ada di Jawa Barat. Surabi solo memiliki tekstur tipis menyerupai kue ape. Cita rasanya sangat gurih karena dipadukan dengan areh (santan kental) ketika surabi sudah setengah matang. Surabi Solo yang sudah matang akan diberi aneka topping berupa cokelat meises, parutan keju, irisan nangka, atau irisan pisang. Anda bisa membawa surabi solo sebagai oleh-oleh karena camilan ini dapat bertahan selama satu hari dalam temperatur ruangan.

Serbat
Para penyuka minuman hangat biasanya tak asing lagi dengan serbat. Minuman yang satu ini biasanya berbentuk serbut yang dipadatkan menyerupai tablet besar. Serbat terbuat dari bahan dasar rempah-rempah. Cita rasanya sangat istimewa dan aromanya harum ketika diseduh dengan air panas. 

Brem Solo
Brem memiliki cita rasa asam yang dominan. Karena camilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar hasil fermentasi tape ketan. Brem biasanya dicetak dalam bentuk bulat pipih atau kotak. Pengemasan brem Solo kini sudah lebih modern sehingga tampak menarik dan tak mudah hancur ketika dibawa pulang.

Anda ingin segera membawa pulang ragam oleh-oleh Solo yang istimewa tersebut? Yuk rencanakan liburan ke Solo dalam waktu dekat. Melepas penat sejenak dari rutinitas kerja akan membuat Anda kembali bersemangat. Kota Solo bisa menjadi pilihan istimewa yang bikin Anda rindu kembali lagi di lain hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar