Kamis, 15 Maret 2018

4 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Perih Tanpa Efek Samping

Info Online - Bibir kering ibarat tanah yang gersang. Amat tidak menyenangkan saat dibawa ke mana-mana. Terlebih lagi ke acara penting yang membuat Anda menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, lakukan cara mengatasi bibir kering sebelum terlambat. Sebelum gejalanya semakin buruk sehingga membuat bibir jadi mudah berdarah.

Bibir Kering
Ilustrasi
1. Minum Air Putih secara Teratur
Dewasa ini, banyak yang mengabaikan pentingnya konsumsi air putih secara rutin. Dehidrasi sering menjadi penyebab utama bibir kering. Kita ambil contoh seseorang bernama A. Dia bekerja sebagai sopir angkutan umum di Kota B. Setiap hari dia berangkat dari rumah pagi-pagi sekali. Sampai lupa sarapan dan minum segelas air putih.

Setiap hari dia selalu melakukan rutinitas yang sama. Terhitung, dia hanya mengonsumsi air putih 1 gelas tiap hari. Padahal di Kota B sangat panas. Dia hanya terpaku pada penumpang dan penumpang. Dalam waktu sebulan pun bibirnya kering dan pecah-pecah. Kemudian dia bertanya-tanya, “Kok bisa?” Lucu, kan? Jadi konsumsi air putih harus rutin, ya.

2. Kelupas Dulu Kulit Bibirnya Sebelum Disalep
Cara ini bagi sebagian orang barangkali sangat riskan. Soalnya kalau tidak hati-hati, bibir yang kering akan mengeluarkan darah. Perih semakin menjadi-jadi. Itu kalau pengelupasannya dilakukan dengan cara yang tidak benar. Ada cara mengatasi bibir kering tersendiri ketika mau dikelupas. Pertama-tama, gosok permukaannya dengan lembut.

Kemudian pakai ramuan dari garam. Tapi sebelum digosok, pastikan bikin lembap dulu. Misalnya dengan cara mencelupkan ke air dingin. Cara gosoknya harus memutar agar semua kulit mati Anda terkelupas dengan sempurna. Harap jangan pakai sabun. Nanti bisa iritasi. Untuk ending-nya, sikat saja permukaan yang masih menyisakan kulit mati.

3. Berikan Salep Khusus
Di apotek, ada salep khusus untuk menyembuhkan bibir kering. Harap jangan beli yang dijual secara bebas dan belum diketahui aman atau tidaknya. Soalnya banyak juga salep yang bahkan bisa bikin bibir semakin kering. Kan repot. Salep yang bagus itu mengandung vitamin E maupun gliserin. Selain itu, bahan alami juga bagus.

Selagi dalam masa penyembuhan, hindari pemakaian lipstik. Soalnya lipstik bisa bikin bibir mudah mengering. Kalau toh tetap mau pakai lipstik, beri pelembap dulu agar lebih aman. Terus lakukan pengelupasan maupun konsumsi air putih selagi bibir belum sepenuhnya sembuh dari pecah-pecah.

4. Pakai Minyak Tertentu
Perawatan ekstra ini berfungsi untuk memaksimalkan efek dari proses sebelumnya. Adapun jenis minyak yang bagus adalah minyak kelapa, minyak almond, minyak jojoba, dan minyak zaitun. Dengan minyak ini, bukan hanya bisa melembapkan bibir, tetapi juga bisa mencegah terjadinya pecah-pecah kembali.

Itulah pentingnya menerapkan cara mengatasi bibir kering untuk Anda. Sebelum benar-benar kering, segera lakukan cara di atas rutin setiap hari. Apalagi untuk seorang wanita yang harus selalu menjaga penampilan agar tetap menarik. Tidak ada salahnya keempat cara di atas dibagi pada teman-teman Anda. Biar mereka juga waspada terhadap bahayanya bibir kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar