Kamis, 16 Agustus 2018

Menu MPASI Agar Bayi Terhindar Dari Alergi

Info Online - Menu Untuk MPASI Pertama - Bayi yang berusia 6 bulan memang sewajarnya dikenalkan dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Tapi saat sampai pada masa itu, terkadang kita mungkin sedikit kebingungan mengenai menu MPASI yang sebaiknya kita diberikan kepada bayi untuk pertama kali.

Menu MPASI
Ilustrasi Menu MPASI
Memang memberikan MPASI untuk yang pertama terkadang anak cenderung menolak atau mungkin mengalami gangguan pencernaan. Maka berhati-hatilah ketika memilih makanan pendamping untuk pertama kali dan pastkan bahwa bayi telah siap untuk mengkonsumsi makanan tambahan. 

Lalu sebenarnya kapan waktu yang paling tepat untuk memberi MPASI untuk pertama kali? Maka berikut ini strategi tepat untuk mengetahui apa bayi telah siap menerima atau belum: 
  • Bayi membuka mulut saat kita menyodorkan makanan.
  • Bayi dapat duduk tegak tanpa bantuan maupun dipegangi.
  • Menunjukkan gerak-gerik ketertarikannya saat kita makan.
  • Saat bayi kenyang, mereka akan bersandar maupun pergi yang menunjukkan bahwa tidak ingin makan lagi.
  • Bayi mengambil sesuatu lalu memasukkannya ke mulut, terutama makanan di dekatnya.

Memberikan MPASI Pertama Untuk Bayi haruslah  lebih beragam di awal bayi mengenal makanan. Daya tahan bayi usia 6 sampai 9 bulan sudah semakin meningkat dengan alami. Untuk memberi energi tambahan pada bayi, maka MPASI seperti bubur, sereal, oatmeal serta alternatif bahan lainnya harus masuk pada daftar menu selanjutnya. Selain itu makanan seperti ikan, daging lembut sampai yogurt juga baik untuk pertumbuhan bayi.

Pastikan kita Moms memberi variasi makanan jangka waktu beberapa hari. Tidak hanya itu, lihat bagaimana sensitivitas bayi pada makanan tertentu, khususnya bila bayi menunjukkan reaksi alergi. Memang pada dasarnya, ada beberapa makanan yang bisa memunculkan alergi untuk bayi hingga anak-anak seperti kacang-kacangan, telur, susu, gandum, ikan, kedelai dan kerang.

Bahan makanan itu lebih baik dikenalkan ketika bayi berumur 6 bulan, terkecuali susu sapi. Hindarilah susu sapi sampai bayi berusia sekitar 12 bulan. Pencernaan bayi belum bisa mencerna protein dari susu sapi sampai usia tersebut. Bila ragu, akan lebih baik lagi bila kita berkonsultasi dengan dokter tentang pemberian MPASI. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar